Beberapa Aturan Payment Gateway Bank Indonesia

0
316
Payment Gateway Bank Indonesia
Payment Gateway Bank Indonesia

Kemajuan teknologi saat ini menjadikan manusia berpikir bagaimana cara menggunakan kemajuan teknologi tersebut agar bisa dijadikan sebagai media yang bisa menghasilkan uang untuk memenuhi segala kebutuhan hidup manusia. Salah satu jenis teknologi yang saat bisa digunakan untuk memperoleh pendapatan adalah teknologi internet.

Penggunaan hasil teknologi internet tersebut salah satunya adalah dalam hal payment gateaway atau dalam istilah BI disebut dengan gerbang pembayaran nasional. Sistem pembayaran seperti ini mendapatkan perhatian lebih dari pemegang otoritas utama perbankan Indonesia yaitu BI.

Oleh sebab itu, BI mengeluarkan sebuah peraturan tentang Payment Gateway Bank Indonesia yang ditujukan untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan mekanisme dan sistem kerja dari sistem pembayaran elektronik tersebut. Sebelumnya, anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang payment gateaway itu sendiri.

Payment gateway merupakan sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya, seperti direct debit (BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI) dan e-wallet (TCASH dan XL Tunai).

Payment Gateway Bank Indonesia
Payment Gateway Bank Indonesia

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan aturan Payment Gateway Bank Indonesia yang perlu anda ketahui. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Prosedur penetapan kelembagaan GPN.
  2. Mekanime kerja sama.
  3. Branding nasional.
  4. Skema harga.
  5. Bank Indonesia sewaktu-waktu dapat mengevaluasi kebijakan skema harga

Demikian secara garis besar mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan aturan – aturan dalam sistem Payment Gateway Bank Indonesia. Peraturan tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan sistem pembayaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Agar antara masyarakat yang menggunakan sistem pembayaran elektronik tersebut dengan para pemilik aplikasi pembayaran online memiliki perlindungan yang sama sehingga mereka bisa melakukan segala hal dan kewajiban mereka secara benar dan proporsional.

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pembayaran online ini adalah Faspay. Faspay merupakan aplikasi pembayaran elektronik terpercaya dan sangat aman bagi seluruh masyarakat yang terbiasa menggunakan aplikasi pembayaran online dalam membeli berbagai produk dan jasa.