8 Manfaat Input ASI untuk Bayi Anda

0
230
input ASI
input ASI

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa ASI adalah makanan alami yang sempurna. Sebagaimana susu sapi adalah sumber nutrisi yang ideal untuk anak sapi, dan susu kambing adalah makanan terbaik untuk anak-anaknya, input ASI dari seorang ibu sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang baru lahir. Berikut ini adalah berbagai manfaat menyusui untuk Si Kecil.

ASI Adalah Makanan Terbaik

ASI dirancang untuk sistem pencernaan bayi yang baru lahir. Protein dan lemak dalam ASI Anda lebih mudah dicerna oleh bayi Anda dibandingkan dengan susu formula, dan mikronutriennya mudah diserap. Dan tidak seperti susu formula, susu atau ASI dari tubuh Anda membuat perubahan komposisi sebagai respons terhadap kebutuhan bayi Anda.

ASI Menawarkan Perlindungan Terhadap Infeksi

Setiap kali bayi Anda menyusu, ia mendapat dosis antibodi Anda yang sehat, yang membantu meningkatkan kekebalannya terhadap pilek, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, dan penyakit umum lainnya pada masa kanak-kanak. Apalagi selama 6 bulan pertama, ASI sangat kaya antibodi yang juga membantu melindungi si kecil dari penyakit yang belum diimunisasi, seperti influenza dan batuk rejan.

ASI Lebih Mudah Dicerna di Perut Bayi Anda

Karena dirancang untuk perut si kecil, ASI lebih mudah turun dan akhirnya lebih mudah dicerna. Bayi baru lahir yang menyusu jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menderita sembelit atau diare dibandingkan dengan bayi yang minum susu formula. Dan susu yang lebih mudah dicerna berarti juga menjadi kotoran yang berbau lebih baik juga.

G:\ARTIKEL INDO\MEI 2021\SUSAN PROJECT\Ideoworks Mei 2021\Ideoworks Mei 2021 - NUTRICIA minggu 3 dan 4\input ASI 2.jpg
input ASI

ASI Meningkatkan Berat Badan yang Lebih Sehat

Input ASI memungkinkan ibu untuk memberinya minum sesuai dengan nafsu makan bayi. Bayi yang disusui dengan ASI kemungkinan akan berhenti menyusu saat kenyang, sementara bayi yang diberi susu botol mungkin didorong untuk melanjutkannya sampai botolnya kosong. Terlebih lagi, foremilk berkalori rendah yang disajikan pada awal minum dirancang sebagai pelepas dahaga, sedangkan hindmilk berkalori tinggi yang disajikan di akhir waktu makannya adalah yang menandakan waktu berhenti. 

Dan manfaat ASI yang berhubungan dengan berat badan dapat bertahan selama bertahun-tahun. Satu studi besar yang melibatkan 16 negara menemukan bahwa menyusui secara eksklusif selama 6 bulan mengurangi risiko obesitas pada masa kanak-kanak hingga 25 persen.

ASI Sangat Baik untuk Otak

Beberapa penelitian menunjukkan sedikit, tetapi signifikan secara statistik, peningkatan IQ bayi yang disusui dan ukuran otak yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang diberi susu formula pada anak-anak berusia 15 tahun. Salah satu kemungkinan penyebabnya? ASI mengandung nutrisi penting untuk perkembangan otak termasuk asam arakidonat, kolesterol dan asam lemak omega-3 DHA, bersama dengan hormon seperti oksitosin, tiroksin, estrogen dan pertumbuhan saraf serta faktor pertumbuhan epidermal. 

Bayi yang disusui juga mendapatkan berjam-jam kontak dari kulit ke kulit dengan Ibu, yang selain membuat bayi merasa diasuh dan aman, juga mendukung perkembangan intelektual. Tentu saja, orang tua yang memberi susu botol juga dapat memanfaatkan manfaat ini dengan tetap dekat selama menyusui dan bahkan memberinya minum dengan kontak dari kulit ke kulit.

Menyusui ASI Membuat Mulut Bayi Kuat

Dot karet dan silikon memberikan ketahanan yang tipis terhadap hisapan bayi dibandingkan dengan payudara. Karena mereka harus bekerja ekstra keras untuk minum, bayi yang disusui mendapatkan kepuasan lebih dari yang mereka dambakan. Plus, semua isapan itu membantu membangun rahang, gusi, dan langit-langit mulut yang lebih kuat. Yang pada akhirnya semua ini membantu memastikan perkembangan mulut yang optimal (selain kemungkinan gigi berlubang yang lebih sedikit di masa kanak-kanak).

ASI Adalah Makanan yang Aman Secara Alami

Tidak perlu khawatir tentang kontaminasi dari input ASI segar yang selalu steril. Dan pembusukan hanya merupakan faktor potensial untuk susu yang dipompa dan didiamkan atau didinginkan terlalu lama.