Inilah Proses Pembuatan Cincin Berlian Untuk yang Penasaran

0
200
Cincin berlian
Cincin berlian

Memiliki perhiasan berlian seperti cincin merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap wanita. Pasalnya cincin berlian memiliki harga yang tinggi sehingga tidak semua orang bisa mengoleksinya. Harga tinggi dari cincin tersebut bukan tanpa alasan. Berlian merupakan batu permata yang indah dan abadi sehingga wajar jika harganya tinggi. Kualitas dan keindahan berlian pada umumnya ditentukan oleh 4C yaitu carat, clarity, color, dan cut.

Apakah Anda pernah merasa penasaran bagaimana cara ahli membuat cincin dengan berlian yang indah? Ada beberapa tahapan proses yang perlu dilalui untuk mendapatkan cincin sempurna seperti yang Anda kenakan saat ini. Langsung saja, berikut proses-prosesnya untuk Anda yang penasaran:

Pembuatan Tubuh Cincin

Proses pembuatan cincin yang pertama kali adalah bagian tubuh cincin. Bentuk atau model dari tubuh cincin bisa berbeda-beda sesuai dengan desainer perhiasan yang membuatnya. Namun pada umumnya tubuh cincin berbentuk melingkar dengan dimensi tertentu. Bahan atau material yang digunakan untuk membuat tubuh cincin adalah logam seperti emas kuning, emas putih, platina, dan lain sebagainya.

Menyambungkan Lingkaran

Setelah membuat tubuh cincin, selanjutnya adalah menyambungkan lingkaran. Penyambungan lingkaran pada cincin menggunakan solder khusus. Tentu saja solder tersebut menggunakan logam sesuai dengan logam dari tubuh cincin. Tujuan penyambungan dengan solder ini agar sambungan bisa disembunyikan.

Sebelum digunakan untuk menyambungkan lingkaran, bagian ujung yang disolder perlu diberi pasta agar tidak meninggalkan sisa gelap. Setelah selesai disambungkan, cincin nantinya akan dimasukkan ke dalam larutan asam hingga semua bagian terlihat bersih, terutama bagian yang disolder. 

Cincin Berlian

Pembuatan Bundaran Setting Halo

Pembuatan bundaran setting halo bisa berbeda antara satu cincin dengan cincin lainnya. Hal tersebut tergantung dari model atau tipe cincin yang ingin dibuat. Pada proses ini biasanya pengrajin cincin juga menggunakan logam sejenis dengan tubuh cincin. Halo nantinya juga akan ditempelkan pada tubuh cincin menggunakan solder.

Pembuatan Setting Berlian

Pada cincin yang biasanya menggunakan logam platinum, setting berbentuk bundaran dibangun dengan bentuk separuh bola. Agar lebih kokoh dan berlian tidak lepas, pemasangan setting menggunakan pasak. Ketika pasak sudah dipasang dengan baik oleh pengrajin, baru kemudian setting bisa ditempelkan pada tubuh cincin menggunakan solder. 

Pemasangan Berlian

Pemasangan berlian harus dilakukan dengan baik. Selain agar tidak mudah lepas, pemasangan yang tepat juga bisa mempercantik tampilan cincin Anda. Pada proses ini, pengrajin perhiasan akan meletakkan berlian pada tatakan dari cincin. Berlian perlu dijepit dengan pengait agar tidak mudah lepas. Kualitas tatakan akan berpengaruh pada kokoh atau tidaknya berlian pada cincin.

Pemolesan Cincin

Proses terakhir yang dilakukan dalam pembuatan cincin dengan berlian adalah pemolesan. Sebelum dipoles, cincin yang sudah selesai dipasangi berlian perlu direndam dengan air panas terlebih dahulu. Setelah itu dilakukan pemolesan menggunakan bahan semacam emas putih. Agar lebih mengkilap dan berkilau, cincin akan ditambahkan logam berupa rhodium.

Cincin Berlian Asli dari Miss Mondial dan Mondial Jeweler

Anda yang ingin menambah koleksi cincin dari berlian bisa menemukannya di Miss Mondial dan Mondial Jeweler. Kedua brand tersebut dikenal dengan cincin yang berkualitas dan asli. Ada banyak model yang ditawarkan mulai dari model elegan, simple, mewah, hingga glamor.

Bukan hanya cincin wanita saja, Anda juga bisa menemukan cincin berlian pria di Miss Mondial dan Mondial Jeweler. Desainnya yang manly dan berkarakter membuat cincin pria yang ditawarkan banyak diburu oleh penggemar perhiasan berlian. Anda bisa melihat koleksi cincin dari Miss Mondial dan Mondial Jeweler secara offline atau online melalui website mondialjeweler.com.