Cara Redakan Batuk Anak yang Bisa Mam Lakukan Di Rumah

0
107
cara menyembuhkan batuk pada anak
cara menyembuhkan batuk pada anak

Anak-anak memiliki sistem daya tahan tubuh yang masih berkembang, dan hal ini menyebabkan mereka lebih rentan sakit. Ketika memasuki musim penghujan, anak seringkali mengalami flu dan batuk. Batuk merupakan reaksi yang ditimbulkan tubuh ketika bakteri menyerang sistem pertahanan tubuh. Untuk itu, Mam tak perlu risau karena bisa melakukan trik cara menyembuhkan batuk pada anak yang bisa dilakukan di rumah berikut. 

Cara menyembuhkan batuk pada anak di rumah

  1. Gunakan perasan air lemon

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat melegakan dan mengurangi rasa gatal pada tenggorokan ketika sedang batuk. Cara mengolahnya yaitu campurkan perasan lemon dengan menggunakan air hangat. Mam harus pastikan lemonnya masih bagus dan jangan memberikan terlalu banyak air pada perasan lemon. Jika Si Kecil tidak menyukai rasanya yang asam, Mam bisa mencampurkan madu ke dalam campuran air dan perasan lemon tersebut. minumlah air perasan lemon tersebut 

  1. Menghirup udara dari uap air

Mam bisa meredakan batuk pada Si Kecil menggunakan uap air hangat, tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang mengandung banyak bahan kimia. Caranya yaitu sediakan semangkuk kecil berisi air hangat dan dihirup uapnya oleh Si Kecil. Mam harus pastikan airnya tidak terlalu panas agar tidak berbahaya jika mengenai kulit Si Kecil secara langsung. Mam juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air hangat tersebut agar uap airnya lebih melegakan saluran pernapasan Si Kecil. Jangan lupa untuk menutup mangkuk yang berisi uap itu dengan handuk tipis untuk mengurangi resiko air panas mengenai kulit Si kecil. Biarkan Si Kecil menghirup uap air tersebut selama 15 menit. 

cara menyembuhkan batuk pada anak
  1. Kumur-kumur menggunakan air garam 

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, garam ternyata memiliki khasiat bisa mengobati sakit tenggorokan. Larutan air garam dapat membunuh semua bakteri yang ada pada mulut. Caranya yaitu masukkan setengah sendok teh garam pada segelas air hangat. Aduk hingga garamnya larut. Lalu Mam arahkan Si Kecil untuk berkumur. Pastikan saat berkumur Si Kecil mengangkat kepalanya agar air garam menyentuh tenggorokannya. Setelah itu buang air garam yang sudah dikumurnya. Berkumur menggunakan larutan air garam tersebut harus rutin dilakukan sebanyak 3 kali sehari agar batuk Si Kecil cepat sembuh.

  1. Mengonsumsi madu

Karena obat batuk dan flu tidak lagi direkomendasikan untuk anak di bawah 6 tahun, Mam pasti akan memilih cara alami untuk mengobati Si Kecil. Nah, salah satu obat alami tersebut yaitu madu. Madu dipercaya lebih ampuh mengobati batuk Si Kecil daripada obat yang dijual bebas di pasaran. biasanya madu yang digunakan untuk pengobatan yaitu yang memiliki warna lebih gelap. Berikan satu sendok madu yang telah dicampurkan dengan segelas air hangat. Pastikan Si Kecil meminumnya hingga habis. Namun, meskipun tergolong aman, tidak boleh digunakan untuk bayi di bawah 1 tahun ya, Mam.

  1. Penuhi cairan tubuh

Selain membuat tubuh tetap terhidrasi, air putih hangat dapat digunakan untuk meredakan batuk Si Kecil, loh. Air hangat dapat membantu mengencerkan dahak dan meredakan rasa gatal pada tenggorokan akibat flu dan batuk. Berikan air putih hangat pada Si Kecil sebanyak 6-8 gelas per hari. Selain itu, sup dan air hangat dapat melegakan rasa sakit di dada. 

Nah, itulah beberapa cara menyembuhkan batuk pada anak. Jika batuk pada Si Kecil tak kunjung membaik, Mam harus mengkonsultasikan kepada dokter.