Mengenal Jenis-Jenis & Bunga Deposito

0
161

Biaya hidup dari tahun ke tahun terus meningkat. Oleh sebab itu, finansia perlu dipersiapkan dengan baik agar dapat menikmati hidup. Deposito merupakan salah satu cara yang dapat Anda pilih untuk mengelola keuangan Anda. Menyimpan uang dalam bentuk deposito memberikan Anda banyak keuntungan. Anda tidak khawatir uang tersebut akan berkurang untuk hal-hal konsumtif. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan bunga deposito setiap bulan dan dapat langsung dicairkan. 

4 Jenis Deposito

Deposito merupakan produk keuangan yang dikeluarkan oleh bank. Dengan demikian, setiap bank akan memberikan kebijakan masing-masing. Terdapat 4 jenis deposito yang umum ditawarkan oleh bank sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah keempat jenis deposito.

Deposito Berjangka

Jenis pertama yang umum digunakan oleh para nasabah bank yaitu deposito berjangka. Sesuai dengan namanya maka yaitu digunakan untuk menyimpan uang dalam jangka tertentu. Umumnya, bank akan memberikan pilihan jangka penyimpanan yaitu jangka pendek dan jangka panjang.

Bunga yang ditawarkan untuk jenis deposito berjangka umumnya akan lebih tinggi dari bunga tabungan. Sasaran dari produk deposito berjangka yaitu menjangkau pribadi atau bisnis. Pemilik deposito berjangka akan menerima bunga setiap bulan yang disetorkan melalui rekening tabungan Anda. 

Semakin banyak uang dan semakin lama jangka waktu penyimpanan maka Anda juga akan berkesempatan mendapatkan bunga yang tinggi. Pencairan uang deposito harus sesuai dengan tangan yang telah disepakati. Jika Anda terpaksa harus mencairkan sebelum jatuh tempo maka bank akan memberikan sanksi.

Desposito On Call

Bagi Anda yang sering menerima uang dalam jumlah yang cukup besar dapat memilih produk deposito On Call. Deposito jenis ini mungkin Anda untuk menyimpan uang dalam waktu maksimal 30 hari. Menyimpan uang dalam jumlah besar ke dalam deposito sangat menguntungkan dari menyimpannya di tabungan.

Deposito On Call memiliki jangka penyimpanan terpendek jika dibandingkan dengan jenis deposito lainnya. Bahkan, jangka simpan terpendek yang diberikan yaitu 3 hari. Untuk dapat menggunakan produk ini jumlah minimal uang yang didepositokan yaitu 50 juta rupiah. Beberapa bank tertentu memberikan persyaratan minimal sebesar 2 milyar rupiah. Selain menjangkau individu, produk ini juga menjangkau perusahaan.

Deposito Automatic Roll Over

Jenis deposito Automatic Roll Over sebenarnya tidak jauh berbeda dengan deposito berjangka. Hal yang membedakan yaitu pada peraturan jangka penyimpanan. Nasabah dapat memilih jangka penyimpanan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, apabila tanggal jatuh tempo sudah tiba namun dana tidak diambil maka secara otomatis deposito Anda akan diperpanjang. Peraturan ini tentu sudah setujui oleh kedua belah pihak. Dengan demikian, apabila Anda tidak segera mengambil uang Anda maka deposito tersebut secara otomatis akan diperpanjang bahkan tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Sertifikat Deposito

Deposito tidak harus menggunakan uang karena Anda juga dapat menggunakan sertifikat. Bagi Anda yang memiliki sertifikat tanah atau bangunan dapat mendepositokannya dan mendapatkan keuntungan. Hal ini juga dapat Anda pilih sebagai investasi yang aman. Deposito jenis ini akan memberikan bunga dimuka sehingga Anda tidak akan menerima bunga setiap bulan.

Bank Sinarmas

Nasabah Bank Sinarmas kini dapat melakukan deposito secara online. Anda hanya perlu memiliki aplikasi Simobi yang diluncurkan oleh pihak bank. Menariknya, deposito online ini dapat menjangkau masyarakat luas karena setoran minimal yaitu mulai dari Rp. 500.000.

Kelebihan lain dari deposito online yaitu tawaran bunga spesial. Anda juga dapat mendaftarkan diri secara online sehingga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, Anda juga dapat memilih tenor sesuai dengan yang Anda butuhkan.