Ciri Ciri TBC Pada Anak yang Wajib Anda Ketahui

0
80
Ciri Ciri TBC Pada Anak
Ciri Ciri TBC Pada Anak

TBC merupakan salah satu penyakit yang terbilang berbahaya. Selain orang dewasa, anak-anak juga berpotensi terkena penyakit yang satu ini. Maka dari itu, orangtua wajib mengenal ciri ciri TBC pada anak agar bisa melakukan penanganan sejak dini, atau bisa melakukan pencegahan secara optimal.

Semakin dini penanganan penyakit TBC maka semakin optimal penyembuhannya. Mengenal ciri-ciri penyakit TBC merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasinya. Berikut sudah kami rangkum apa saja ciri-cirinya.

Apa Itu TBC?

Sebelum kami jelaskan ciri-cirinya, pertama-tama kami jelaskan terlebih dahulu apa itu TBC. TB atau tuberkulosis pada anak-anak biasanya terjadi akibat menghirup bakteri mycobacterium tuberculosis yang ada di udara.

Bakteri tersebut biasanya akan diam di paru-paru si kecil dan bisa berkembang biak di bagian tubuh lain. Bakteri ini berpotensi berkembang biak di ginjal, tulang belakang, hingga di otak si kecil.

TBC adalah jenis penyakit menular. Artinya, anak-anak bisa tertular penyakit ini dari teman-teman mainnya, atau orang-orang yang ada disekitarnya yang menderita penyakit TBC.

Ciri Ciri TBC Pada Anak

Ciri-Ciri TBC

Kenali TBC sejak dini melalui ciri-cirinya. Pada dasarnya, ciri-ciri TBC pada anak-anak sama dengan ciri-ciri yang terjadi pada orang dewasa. Berikut beberapa ciri-cirinya:

  • Batuk lama yang tidak kunjung sembuh hingga lebih dari 3 minggu.
  • Batuk darah.
  • Demam dalam durasi waktu lebih dari 2 minggu.
  • Sesak nafas.
  • Si kecil kerap berkeringat di malam hari.
  • Berat badan anak tidak bertambah.
  • Tubuh si kecil lemah.

Pemeriksaan TBC Untuk Anak

Jika si kecil sudah menunjukan ciri-ciri di atas, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan. Untuk pemeriksaan, sebaiknya percayakan saja pada dokter terdekat. Nantinya dokter akan memeriksa kondisi si kecil.

Pemeriksaan biasanya meliputi pemeriksaan fisik hingga rontgen dada. Melalui pemeriksaan tersebut, maka dokter bisa mendeteksi adanya TBC pada si kecil,atau hanya penyakit batuk demam biasa saja.

Dokter akan memeriksa si kecil agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Jika sudah didiagnosa positif TBC, maka dokter akan melakukan pengobatan.

TBC juga umumnya diperiksa melalui pemeriksaan kultur dahak dan dahak. Melalui pemeriksaan pada saluran pernapasan, maka dokter dapat dengan mudah untuk mendeteksinya.

Pengobatan TBC Untuk Si Kecil

Pengobatan TBC hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli. Pengobatan akan dilakukan jika si kecil sudah positif mengidap TBC. Pengobatan juga akan dilakukan secara intens jika si kecil sudah terinfeksi kuman TBC sebelum menampakan gejala dan ciri-cirinya.

Pengobatan umumnya dilakukan dengan tiga jenis OAT, yaitu rifampicin, pyrazinamide, dan isoniazid. Pengobatan akan diproses melalui pemantauan dari dokter ahli. Selain melalui pengobatan tersebut, dokter juga akan memberikan alternatif pengobatan lain yang lebih optimal dan cocok untuk anak.

Fakta Penyakit TBC di Indonesia

Sebagai informasi, Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat kasus TBC terbanyak di dunia. Itulah yang menjadi alasan kenapa penyuluhan TBC dan informasi seputar TBC seperti pada artikel ini sangat penting sekali.

Penyuluhan dan informasi TBC di internet akan membantu masyarakat untuk mengenalnya lebih dekat agar bisa melakukan pencegahan dan pengobatan dini.

Informasi yang lengkap dan detail akan membantu para orangtua untuk melakukan pencegahan dan pengobatan sejak dini. Maka dari itu, kenalilah ciri-cirinya agar Anda bisa melakukan pencegahan dini dengan melakukan pemeriksaan kepada dokter.

Itulah berbagai ciri ciri TBC pada anak yang wajib diketahui oleh setiap orangtua. Penjelasan di atas sedikit banyaknya akan menambah wawasan Anda terkait pentingnya mengenal ciri-ciri TBC yang umum terjadi pada si kecil. Semoga bermanfaat.