Tips Dalam Mengetahui Perkembangan Anak 6 Bulan

0
89
perkembangan anak 6 bulan

Anak pada usia 6 bulan mulai mengenal dunia luar sehingga rasa penasaran dan ingin tahunya sangat besar hal tersebut sangat berdampak sekali terhadap perkembangan otaknya untuk belajar memahami lingkungan sekitarnya. Apalagi setiap saraf otak dan ototnya sudah terbentuk menjadi komponen yang kompleks. Perkembangan anak 6 bulan memang sudah banyak sekali bahkan sudah mulai aktif bergerak dan bermain, sehingga perlu sekali untuk memberikan mainan yang membantunya untuk mengenal dan mengingat. 

Selain itu bunda juga perlu untuk memberikan pengawasan yang baik untuk membantunya selalu terlindungi ketika sedang bermain dan bergerak dengan bebas. 

Pastikan Memberikan Pengawasan Yang Ekstra

Bagi bunda yang memiliki anak usia 6 bulan, penting sekali untuk memberikan pengawasan yang ekstra. Sebab pada usia tersebut anak sangat gemar sekali untuk bermain dan beraktivitas dengan bebas. Pada perkembangan anak 6 bulan bahkan sudah bisa untuk belajar merangkak dan duduk, sehingga bunda perlu untuk melakukan pengawasan yang membantunya untuk tidak jatuh ketika sedang belajar duduk. Hal yang perlu dilakukan oleh bunda adalah dengan memberikan dukungan dan mengajarkan cara duduk secara mandiri. 

Awalnya memang bunda perlu untuk menempatkan si kecil dalam posisi dulu dengan topangan di bagian belakang. Setelah itu ajarkan anak untuk duduk dengan sendiri tanpa topangan tangan di belakangnya. Hal tersebut mampu untuk melatih anak bisa belajar duduk dengan mandiri. 

Pastikan Memberikan Makanan Yang Bergizi

Selain selalu memberikan pengawasan dan mengajarkan yang benar, pada perkembangan anak usia 6 bulan bunda bisa juga membantunya dengan memberikan makanan dan minuman yang bergizi. Hal itu bisa membantunya untuk tumbuh dan berkembangnya dengan optimal karena setiap makanan yang dikonsumsi bisa membantunya membentuk otot dan tulang yang kuat. Maka dari itu bunda bisa mencoba memberikan makanan cerelac yang mengandung cereal susu dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Oleh karena itu bunda bisa selalu rutin memberikan tambahan makanan yang membuat si kecil tumbuh dengan optimal.