Apa Itu Deposito dan Kelebihannya Dibanding Tabungan

0
44

Deposito merupakan salah satu produk perbankan yang memiliki nilai investasi dibandingkan tabungan. Bagi Anda yang belum tahu apa itu deposito, di artikel ini kami akan coba jelaskan secara singkat dan detail kepada Anda.

Deposito sendiri memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan tabungan. Pasalnya, deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang menguntungkan. Keuntungan yang Anda dapatkan yaitu dari suku bunganya.

Perbedaan Deposito dan Tabungan

Deposito dan tabungan pada dasarnya memiliki sistem yang sama, yaitu merupakan sebuah tabungan. Akan tetapi, deposito tidak hanya sekedar jenis tabungan biasa. Tabungan deposito yaitu merupakan tabungan berjangka yang tidak bisa Anda ambil kapan saja seperti tabungan biasa.

Contohnya jika Anda memilih masa tenor deposito 12 bulan, maka Anda tidak akan bisa mengambilnya sebelum jangka tersebut. Jika Anda mengambilnya, maka Anda akan mendapatkan penalti.

Perbedaan lain deposito dan tabungan yaitu pada keuntungannya. Deposito menawarkan suku bunga sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari tabungan yang Anda simpan melalui produk deposito yang Anda pilih.

Kelebihan Memilih Deposito

Menilai dari perbedaan deposito dengan tabungan yang kami jelaskan di atas, tentulah produk perbankan ini memiliki banyak kelebihan. Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja kelebihan-kelebihannya.

1.  Keuntungan dari Segi Finansial

Deposito menawarkan keuntungan ekstra yang lebih baik dibandingkan dengan sekera tabungan biasa. Semakin besar uang yang Anda depositokan, tentu akan semakin besar juga keuntungan yang didapatkan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih masa tenor yang lebih banyak untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

2.  Bebas Memilih Tenor

Anda juga bisa memilih tenor yang sesuai dengan kebutuhan. Umumnya bank menawarkan beberapa pilihan masa tenor mulai dari 3, 6, 12, 24, hingga 36 bulan. Silahkan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan.

Sebelum memilih tenor, pastikan Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda salah pilih tenor.

3.  Minimum Penempatan Rendah

Pelru Anda ketahui, bahwa saat ini deposito bisa Anda miliki dengan minimum penempatan yang tergolong rendah. Bahkan beberapa bank menawarkan deposit minimum ratusan ribu hingga satu jutaan rupiah saja.

Itu artinya, saat ini deposito cocok untuk berbagai kalangan. Pasalnya deposito bisa dimiliki oleh berbagai kalangan karena minimum penempatan yang tergolong rendah dibandingkan zaman dulu.

4.  Sistem Pendaftaran Mudah

Bagi yang ingin mendaftar deposito, saat ini Anda bisa langsung mendaftarnya di kantor cabang terdekat. Atau bisa juga langsung pendaftarannya secara online melalui m-banking maupun e-banking.

Dengan hadirnya berbagai chanel pendaftaran yang tersedia saat ini, tentu membuat deposito semakin lebih mudah untuk didapatkan.

Rekomendasi Deposito dari Bank Sinarmas

Bagi Anda yang saat ini ingin memiliki deposito, Bank Sinarmas bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya Bank Sinarmas menyediakan produk deposito yang tergolong mudah saat proses pendaftaran. Bahkan saat ini Bank Sinarmas sudah menyediakan aplikasi m-banking yaitu SimobiPlus untuk Anda yang ingin mendaftar.

Selain itu, deposito dari Bank Sinarmas juga punya banyak kelebihan. Beberapa di antaranya yaitu menawarkan pilihan masa tenor yang lengkap, dan juga memiliki suku bunga yang tergolong kompetitif.

Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa deposito di Bank Sinarmas bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memiliki deposito.

Semoga penjelasan seputar deposito yang kami jelaskan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin memilikinya sekaligus ingin tahu apa itu deposito. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.