5 Fakta Tentang Virus Panleukopenia Pada Kucing

0
65
Virus Panleukopenia
Virus Panleukopenia

Panleukopenia merupakan salah satu virus yang menular bagi hewan kucing. Meski begitu, kucing ini tidak akan berpengaruh pada manusia. Virus panleukopenia juga bisa berakibat fatal pada kucing jika tidak segera ditangani.

Nah, berikut ini kami akan jelaskan apa saja fakta-fakta menarik yang perlu Anda ketahui terkait virus yang satu ini.

1.  Rentan Terhadap Kucing yang Belum Vaksin

Kucing yang belum vaksin biasanya dapat berpotensi terkena virus yang satu ini. Tidak terkecuali kucing rumahan yang hanya berdiam diri di rumah. Bahkan virus ini terbilang mematikan. Itulah kenapa, bagi para cat owner, Anda harus memvaksin kucing terlebih dahulu agar tidak tertular.

Virus Panleukopenia

2.  Lebih Banyak Menyerang Anak Kucing

Virus panleukopenia sangat rentan sekali menyerang anak kucing. Bahkan menurut penelitian, hanya 20% saja anak kucing yang bisa selamat setelah terserang oleh virus yang satu ini.Maka dari itu, kucing harus segera di vaksin agar terhindar dari penyakit yang satu ini.

3.  Memiliki Banyak Gejala

Kucing yang terkena virus ini sebenarnya cukup mudah sekali dibedakan. Karena panleukopenia ini memiliki gejala-gejala yang umum seperti demam pada kucing, kucing mengalami dehidrasi, diare parah, muntah, dan keluar ingus. Sekilas penyakit akibat virus ini mirip seperti dengan penyakit biasa.

4.  Tidak Menular ke Manusia

Jika kucing Anda mengidap virus ini, maka Anda tidak perlu khawatir menyerang ke tubuh Anda. Pasalnya, virus ini tidak menular ke manusia dan hanya menular ke sesama kucing saja.

Virus ini tidak berbahaya pada manusia. Bahkan virus ini juga tidak menyebabkan efek apapun pada manusia.

5.  Tidak Ada Obatnya Tapi Bisa Dicegah

Panleukopenia merupakan virus yang hingga saat ini belum ada obatnya. Akan tetapi, virus ini bisa dicegah dengan vaksinasi. Kucing yang berusia empat minggu dan lebih tua harus segera divaksin.

Jenis vaksin ini tidak berlaku seumur hidup Akan tetapi, jenis vaksinnya yaitu dilakukan satu tahun sekali.

Demikian penjelasan seputar fakta-fakta menarik terkait virus panleukopenia yang umum terjadi pada kucing. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda terkait kesehatan kucing. Jangan lupa juga untuk memberi makan kucing dengan makanan terbaik seperti Royal Canin.