Berencana untuk melanjutkan kuliah dan ingin memilih kuliah jurusan komputer? Perlu Anda ketahui, bahwa saat ini ada banyak sekali pilihan jurusan komputer bisa Anda pilih. Bagi Anda yang masih merasa kebingungan, disini kami akan coba mengenalkan kepada Anda berbagai jurusan komputer yang cocok untuk bergelut di bidang IT.

1.  Teknik Informatika

Rekomendasi pertama ini merupakan salah satu yang paling populer. Teknik Informatika merupakan salah satu fakultas yang tersedia hampir di setiap universitas di tanah air. Teknik Informatika atau TI juga dikenal dengan sebutan informatic engineering.

Lulusan teknik informatika nantinya memiliki keahlian untuk merancang desain dan juga mengimplementasikan sistem komputer baik itu berupa perangkat lunak maupun perangkat keras.

2.  Fakultas Rekayasa Software  

Selanjutnya, ada sebuah jurusan yang juga tidak kalah populer dibandingkan dengan teknik informatika. Sesuai namanya, rekayasa perangkat lunak atau RPL merupakan jurusan yang mempelajari pengelolaan dan pengembangan perangkat lunak.

Namun, proses pengelolaannya tidak berskala kecil. Lulusan jurusan ini nantinya akan bekerja sebagai orang yang mengelola dan mengembangkan perangkat lunak dalam skala besar.

kuliah jurusan komputer

3.  Jurusan Ilmu Komputer

Ilmu komputer yang dimaksud disini yaitu materi yang mempelajari berbagai teori dan juga konsep ilmu komputer dan juga pengembangan perangkat lunak.

Cakupan bidang yang satu ini tergolong luas sekali. Cocok untuk Anda yang ingin mempelajari bidang komputer secara detail.

4.  Information Technology  

Jurusan yang satu ini dikenal juga dengan singkatan IT yang artinya information technologi. Dengan memilih jurusan ini, Anda bisa mempelajari bagaimana cara merancang, melakukan konfigurasi, merawat hingga mengimplementasikan infrastruktur komputer.

Selain bidang yang berkaitan dengan bidang komputer, juga berkaitan dengan bidang teknologi informasi. Peluang pekerjaan untuk lulusan yang satu ini juga tergolong besar.

5.  Teknik Komputer Jaringan

Sesuai namanya, jurusan ini umumnya mempelajari pendalaman terkait jaringan internet yang berguna sebagai koneksi internet yang terhubung ke dalam berbagai perangkat komputer.

Lulusan jurusan komputer jaringan saat ini banyak dicari oleh banyak perusahaan mengingat jaringan internet yang kini semakin populer. Khususnya perusahaan yang menyediakan layanan maupun produk yang berkaitan dengan jaringan internet.

6.  Manajemen Informatika

Selain teknik informatika, jurusan manajemen informatika juga tersedia di banyak universitas yang tersebar di berbagai daerah di tanah air. Jurusan yang satu ini juga merupakan salah satu yang populer mengingat setiap perusahaan membutuhkan manajemen komputer yang baik.

Jurusan manajemen informatika adalah sebuah bidang yang mempelajari keahlian untuk menganalisa kebutuhan bisnis yang menggunakan komputer. Selain itu, juga mempelajari desain sistem komputer yang nantinya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

7.  Cyber Security

Seiring dengan berkembangnya jaringan internet dan juga penggunaan komputer di dalam berbagai aspek, meningkatkan potensi peretasan dan sistem keamanan yang harus terus menerus diperkuat. Itulah kenapa, jurusan cyber security saat ini menjadi salah satu hal yang banyak dicari.

Pelajaran yang termasuk di dalam jurusan ini pun tergolong banyak. Di antaranya seperti pengetahuan dan juga keahlian sistem maupun jaringan pengujian, desain dan implementasi arsitektur pertahanan cyber.

Kesimpulan

Itulah berbagai pilihan fakultas jurusan komputer yang kini telah hadir di berbagai universitas di tanah air. Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan passion dan keinginan Anda masing-masing.

Bagi Anda yang ingin memilih kuliah jurusan komputer untuk melanjutkan jenjang pendidikan, Anda bisa memilih fakultas di Universitas Indonesia yang memiliki jurusan komputer yang kredibel.

By Bisnis