Social Media Campaign
Social Media Campaign

Apa yang bisa Anda lakukan di Instagram? Media sosial satu ini terbukti memiliki banyak pengguna dengan aktivitas yang selalu tinggi. Bagi pemilik bisnis, Instagram dijadikan sebagai salah satu media untuk melakukan kampanye. Memangnya Instagram adalah alat yang ampuh untuk menerapkan social media campaign? Sepertinya hal ini tidak perlu diragukan dan dipertanyakan lagi karena Instagram memang selalu berhasil mendapat perhatian publik.

Anda bisa mengunggah berbagai hal seperti foto dan video melalui platform ini. Banyak yang mengungkapkan bahwa platform ini merupakan media sosial yang sangat efektif untuk melakukan pemasaran online. Banyak pengguna yang mengikuti brand kesukaan mereka di Instagram.

Mengapa Memilih Instagram untuk Kampanye Media Sosial?

Instagram menawarkan berbagai fitur lengkap untuk mendorong perkembangan bisnis. Media sosial satu ini memiliki pengguna yang telah mencapai ratusan juta. Ini menunjukkan peluang besar yang bisa Kamu peroleh dengan menggunakan Instagram sebagai media promosi secara online.

Jenis Kampanye Marketing Instagram 

Berikut ini adalah beberapa cara promosi menggunakan Instagram yang bisa Anda coba:

Melalui Giveaway

Mengadakan giveaway merupakan upaya yang cukup efektif untuk mendapatkan banyak pengikut serta meningkatkan engagement. Buatlah beberapa syarat dan ketentuan giveaway yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan kampanye. Salah satunya adalah menjadikan produk sebagai hadiah untuk mengenalkan produk serta memberikan syarat mengikuti akun untuk memiliki lebih banyak pengikut.

Social Media Campaign
Social Media Campaign

Melalui Iklan Carousel

Iklan carousel merupakan iklan foto, tapi Anda bisa mengunggah foto sekaligus dengan konten yang berkaitan satu sama lain. Foto pertama mungkin berisi judul dan ilustrasi, selanjutnya diikuti oleh isi atau inti dari konten Anda dengan cara menggeser foto.

Anda bisa memberikan penjelasan yang mendetail mengenai produk di beberapa foto tersebut. Ini adalah cara yang efektif untuk mengenalkan produk, jangan lupa untuk membuat konten yang kreatif dan menakjubkan.

Format ini bisa membantu meningkatkan brand awareness untuk mengenal produk apapun seperti pakaian, makanan, atau produk apapun termasuk jasa.

Iklan Instagram Stories

Tren stories juga cocok untuk bisnis. Anda bisa menggunakan konten dalam bentuk foto maupun video. Dengan dukungan storytelling, ini sangat baik untuk meningkatkan brand awareness dan social media engagement. Bahkan Anda juga bisa menghubungkannya dengan konten feed.

Berdasarkan hasil survei dari pihak Instagram, iklan stories yang paling berhasil adalah yang berdurasi pendek, cepat, promosinya menarik, bisa diakses seluler dengan mudah, dan memiliki brand yang jelas.

Kampanye Promosi

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah kampanye penjualan atau promosi yang bisa Anda lakukan dengan cara memberikan kode diskon untuk konsumen potensial. Ini adalah salah satu cara yang tepat untuk membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan para audiens. 

Kampanye promosi ini bertujuan agar banyak audiens yang tertarik mengunjungi akun Instagram Anda serta menggunakan layanan atau membeli berbagai produk yang ingin Anda tawarkan.

Jangan lupa untuk menentukan tujuan kampanye pemasaran. APa saja hasil yang ingin Anda capai setelah melakukan kampanye marketing? Lebih baik kampanye berjalan selaras dengan tujuan pemasaran dari bisnis.

IDEOWORKS.id akan membantu Anda melakukan social media campaign dengan lebih efektif dan praktis. Dengan tim yang sudah berpengalaman dan profesional, Anda bisa mendapatkan feedback yang akan membantu brand awareness. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mengembangkan bisnis dengan cara yang lebih optimal ini.

By Bisnis