apa itu malt
apa itu malt

Malt dalam bentuk ekstrak atau ekstrak malt biasa digunakan sebagai campuran bahan minuman atau makanan. Meskipun belum sepopuler gandum, namun nyatanya malt termasuk bahan yang mengandung berbagai macam nutrisi. Sebenarnya apa itu malt? Berikut ini berbagai hal yang perlu Anda ketahui!

Mengenal Apa Itu Malt

Malt adalah kecambah biji-bijian serealia yang melalui proses tertentu sebelum akhirnya dijadikan bahan untuk membuat makanan, minuman, dan cemilan. Proses tersebut dimulai dari perendaman, perkecambahan, dan terakhir yaitu pengeringan. 

Pengolahan malt hingga siap dijadikan bahan membuat makanan dan minuman disebut proses malting. Melalui proses yang dilakukan, biji serealia akan memiliki cita rasa yang berbeda. Pasalnya proses malting bisa mengubah pati menjadi gula sehingga rasanya lebih lezat. 

Kegunaan Ekstrak Malt

Ekstrak malt yang sudah melalui proses malting dipakai untuk berbagai macam produk makanan, minuman, dan juga cemilan. Paling terkenal yaitu sebagai campuran untuk membuat bir dan juga whiskey. Selain itu, ada juga yang mencampurkannya dengan milkshake, cuka malt, dan lain sebagainya. 

Untuk makanan, ekstrak malt digunakan untuk membuat roti dan kue. Bahan ini bisa membuat rasa manis dan aroma karamel pada hasil pembuatan roti dan kue sehingga lebih lezat. Selain itu, biasanya ekstrak malt juga bisa dicampur dengan cokelat. Ada rasa dan aroma khas yang dihasilkan jika menggunakan ekstrak malt. Jadi cemilan akan lebih menggugah selera, terutama untuk anak-anak. 

apa itu malt

Manfaat Ekstrak Malt

Karena berasal dari biji-bijian serealia, ekstrak malt mengandung berbagai macam nutrisi tambahan. Mulai dari vitamin, mineral, hingga serat. Nutrisi tambahan tersebut memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan sistem pencernaan, mendukung pertumbuhan tulang, mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. 

Itulah berbagai hal yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu malt. Rekomendasi cemilan dengan kandungan malt adalah Kinder Joy. Bahan yang digunakan sudah melalui proses pengujian untuk mendapatkan hasil berkualitas. Selain ekstrak malt, Kinder Joy juga mengandung susu, kacang hazel, dan cokelat. Jadi manfaatnya semakin banyak dan beragam. Apalagi ada kejutan hadiah di dalamnya untuk membuat Si Kecil semakin bahagia. 

By Bisnis