3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Gadai Sertifikat Rumah

0
258
gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah

Melakukan pinjaman pada jasa keuangan memang kerap dilakukan banyak orang untuk mencukupi kebutuhan ataupun menambah modal usaha. Biasanya, gadai sertifikat rumah menjadi alternatif cepat untuk mendapatkan pencairan dana yang tinggi. 

Hanya saja, saat Anda gadai sertifikat rumah, jangan lupa untuk mencari jasa keuangan yang tepat dan terpercaya. Hal ini tentu saja untuk memberikan rasa aman kepada jaminan yang Anda berikan. Apalagi saat ini marak, jasa keuangan abal-abal, yang bisa jadi dapat merugikan Anda. Tentu hal ini tidak Anda inginkan, bukan?

Jika Anda pernah mendengar BFI Finance, ini adalah salah satu jasa keuangan yang berdiri sejak lama. Tepatnya sejak tahun 1982. Ini bisa jadi modal kepercayaan bagi Anda untuk melakukan pinjaman pada perusahaan ini. Lamanya berdiri, sudah bisa menjadi acuan jika perusahaan ini dapat dipercaya. Merchant-nya yang tersebar di seluruh Indonesia juga dapat memberikan jaminan bahwa perusahaan ini memiliki perkembangan yang baik dan memberikan keamanan.

gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah

Akan tetapi, sebelum Anda mengajukan proposal pinjam, ada yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum gadai sertifikat rumah.

1.Letak rumah mempengaruhi persetujuan

Ternyata tidak semua rumah dapat dijadikan agunan atau mendapatkan pencairan yang maksimal. Letak rumah juga memiliki peranan penting. Ada beberapa lokasi rumah menjadi pertimbangan ditolaknya pinjaman: Rumah lokasi banjir, padat penduduk, rumah tua tanpa adanya pemugaran, dan dekat pekuburan.

Memang, tidak semua langsung tertolak, setiap jasa keuangan memiliki kebijakan lagi yang biasa dijadikan pertimbangan.

2. Lengkapi persyaratan

Untuk mengetahui persyaratan saat melakukan pinjaman, Anda bisa mengetahuinya dari marketing atau mendatangi langsung ke kantor. Atau, Anda bisa mengunjungi website jasa keuangan yang dituju dan perhatikan persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Lengkapi semua persyaratan tersebut sebelum mengajukan pinjaman agar proses juga bisa lebih cepat.

3. Pinjamanlah sesuai kebutuhan dan kemampuan

Umumnya, agunan rumah memiliki pencairan dana yang tinggi. Namun, Anda tidak perlu memaksimalkan pinjaman jika tidak dibutuhkan. Selain itu, sesuai dengan kemampuan Anda dalam membayar cicilan tiap bulannya dengan penghasilan yang dimiliki

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman dana dengan gadai sertifikat rumah. Hal terpenting dari pinjaman ini adalah Anda mengetahui resiko yang bisa saja timbul jika terjadi permasalahan pembayaran. Ini akan membuat Anda lebih bertanggung jawab dan bijak dalam keputusan ini. Semoga bermanfaat.