5 Tips Memilih Jenis Bahan Bangunan Rumah Terbaik

0
293
jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

Ketika sudah menyediakan dana cukup untuk mendirikan rumah, tahapan penting yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis bahan bangunan. Selama ini pilihan yang tepat dan kualitas terbaik akan menentukan seperti apa rumah hunian Anda akan tetap berdiri dalam jangka lama. Kenyamanan dan bahagianya keluarga Anda memang dipastikan dari layak, artistik dan kokohnya rumah yang akan Anda bangun tersebut.

Bagi Anda yang belum sama sekali berpengalaman mengenai bahan bangunan, tentu membutuhkan masukan supaya tidak salah memilih. Inilah beberapa tips mengenai bagaimana memilih dan menentukan material bangunan yang terbaik bagi Anda.

Kriteria dan Jenis Bahan Bangunan Terbaik

jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

Semen yang Berkualitas

Semen memang menjadi jenis bahan bangunan penting saat proses pembuatan rumah dan bangunan lainnya. Untuk mengenali semen yang berkualitas bisa dilihat dari warnanya. Cirinya berwarna keabu-abuan dan tidak terlihat gelap serta terang. Untuk membuktikan semen terbaik, Anda bisa melihat seberapa lama semen itu keras.

Biasanya kualitas nomor satu akan keras di kisaran 6-7 jam, seperti Semen Tiga Roda. Selama ini semen berkualitas pasti memiliki loga SNI dan sudah bersertifikat. Dengan memakai Semen Tiga Roda sebagai salah satu masternya semen, maka bangunan Anda akan tetap kokoh, kuat dan tahan lama sampai nanti digunakan anak cucu Anda.

Batu Pondasi yang Kuat

Pondasi juga menjadi penentu bangunan rumah akan terus kokoh dalam jangka waktu lama. Pastikan membeli batu belah untuk dijadikan pondasi rumah. Jenis batu belah juga ada dua yaitu batu kecoklatan dan hitam. Dengan mengaitkan dua jenis batu ini maka pondasi rumah Anda dijamin kokoh.

Kualitas Batu Bata

Supaya tidak mudah retak dan kemudian roboh, bukan hanya pondasi saja sebagai penentu. Anda juga harus jeli menentukan jenis batu bata sebagai tembok rumah. Saat ini sudah banyak penjual batu bata namun soal kualitas harus menyeleksinya. Kualitas batu bata bisa Anda pastikan dengan mengetuknya, jika nyaring sudah pasti kualitasnya bagus. Meski berpori dan ringan lihat segi kepadatan batu bata tersebut.

Genteng merk Ternama

Genteng yang digunakan untuk melindungi dari hujan, terik matahari dan lainnya juga harus bagus. Merk ternama bisa jadi acuan, setidaknya genteng juga sudah layak uji dan tidak mudah patah. Jika memang ingin lebih tahan lama pakai saja genteng keramik.

Pasir Kualitas Nomer 1

Beli pasir gunung karena dari segi kualitas memang lebih baik dari pasir pantai ataupun pasir sungai. Pasir gunung yang tidak bercampur lumpur dinilai tidak akan membuat boros pemakaian semen.

Itulah beberapa tips memilih jenis bahan bangunan untuk rumah Anda. Dengan pemahaman ini maka Anda akan mendapatkan kualitas dan manfaatnya di masa mendatang.