Kuliah Sambil Kerja Bisa di IDS

0
388
kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Apakah Anda orang yang sibuk tapi ingin kuliyah? Salah satu Universitas yang bisa kamu jadikan kuliah sambil kerja adalah IDS. IDS ini adalah salah satau sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (STMIK IDS Digital College) yang merupakan institute pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1). 

Meski tidak mudah menjalani hal itu, kelak Anda akan merasakan manfaatnya. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk kuliyah, ada beberapa hal yang bisa Anda simak:

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

1. Siap Mental.

Menjadi mahasiswa kuliah sambil kerja bukanlah hal yang mudah. Waktu Anda memang benar-benar akan terbagi. Maka dari itulah siapkan mental Anda untuk menghadapi itu semuanya. Pada saat itu pula, mentalmu diuji kuat atau tidaknya menjalani kehidupan ini. Kalau berhasil lolos, Anda akan bisa menjadi generasi paling tangguh di masa tersebut. Namun jangan khawatir jika Anda kuliyah di IDS. Waktu akan bisa Anda manfaatkan dengan baik.

2. Pilihlah Pekerjaan Freelance

Salah satu tips yang ke dua adalah pilihlah pekerjaan paruh waktu atau freelance. Kamu tidak perlu setiap hari bekerja, asalkan honor yang didapatkan cukup untuk tambahan. Misalnya, dengan bekerja sebagai guru les privat, penulis lepas, atau berjualan barang di marketplace.

3. Bagi Waktu Juga Untuk Tidak Mengabaikan Organisasi

Bagi sebagian mahasiswa yang kuliah sambil kerja, ikut organisasi adalah hal mustahil. Padahal, itu bisa diatasi dengan membagi waktu secara seimbang. Semisal, dari hari Senin sampai Kamis Anda harus bekerja. Berarti, carilah organisasi yang aktivitas rutinnya di luar waktu tersebut. 

4. Jaga Kesehatan.

Meskipun jadwal Anda padat, salah satu hal yang harus tetap Anda perhatikan adalah untuk menjaga kesehatan. Ketika menjalani kuliah sambil bekerja, Anda mungkin mengalami kelelahan. Itu hal biasa, selagi tidak sampai jatuh sakit. Tipsnya, terapkan pola hidup sehat dengan berpikir positif, rajin olahraga, dan menyantap makanan bergizi. Jangan lupa, perbanyak minum air putih agar cairan di dalam tubuh seimbang.

5. Jangan Menunda Tugas Kuliyah

Meskipun Jadwal Anda harus terbagi dengan pekerjaan, karena kuliyah sambil kerja. Anda tetap jangan abai terhadap tugas kuliyah Anda. Jika Anda abai, hal tersebut akan menjadikan Anda kewalahan nantinya. Kerjakan tugas kuliyah tepat waktu agar pekerjaan yang lain tidak tertunda-tunda pula.

6. Carilah relasi sebanyak mungkin.

Disela-sela kesibukan kuliyah dan bekerja, Anda harus tetap memanfaatkan kesempatan untuk mencari relasi. Karena relasi adalah hal yang sangat penting untuk Anda kedepannya. Kamu tidak akan pernah tahu, sosok yang menjadi rekan bisnis di masa depan. Bisa jadi, mereka adalah orang tua murid lesmu, kawan selama di tempat kerja, atau justru klien yang kamu layani. Jadi, selagi ada kesempatan, carilah relasi sebanyak-banyaknya.

7. Bangun Hubungan baik dengan siapapun.

Dengan siapapun, Anda harus tetap bisa menjaga hubungan baik. Karena Anda akan mendapatka kesempatan dengan siapapun dalam bersosial. Baik dalam urusan kuliyah maupun kerja.

Demikian itulah beberapa hal tentang bagaimana Anda bisa kuliyah sambil kerja. Anda bisa kuliyah hanya di IDS yang bisa menjadikan waktu Anda bisa terbagi dengan baik. Karena di IDS banyak sekali program kuliyah yang bisa Anda manfaatkan kesempatan kerja diluar. Apalagi jika Anda mengambil jurusan komputer ini. Anda akan bisa bekerja freelance di manapun yang membutuhkannya. Maka, segera saja kuliyah di IDS, Anda akan mendapatkan kesempatan terbaik kedepannya.