Pelajari 3 Hal Ini Sebelum Apply Kartu Kredit Pertama Anda

0
155
apply kartu kredit
apply kartu kredit

Mendapatkan kartu kredit pertama Anda adalah pencapaian besar dan tentu saja juga sebuah penyesuaian besar. Anda mungkin sudah mengetahui cara kerja kartu kredit dan cara menangani kartu kredit secara bertanggung jawab, tetapi masalahnya ada di detailnya. Memahami seluk beluk itu sebelum benar-benar apply kartu kredit akan menghemat uang Anda dan membantu Anda membangun kredit yang baik lebih cepat.

1. Kartu Kredit Terbaik Bukan untuk Pemula

Sebagai pendatang baru dalam dunia kredit, Anda mungkin tidak akan dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit paling berharga. Dimana kartu semacam ini akan memiliki banyak hadiah dan fasilitas, bonus pendaftaran yang besar, atau periode bunga 0% yang panjang. Produk tersebut hanya tersedia bagi konsumen atau peminat dengan skor kredit baik atau sangat baik serta riwayat kredit lebih lama yang memenuhi persyaratan pendapatan tertentu.

Anda mungkin harus mulai lebih kecil ketika Anda apply kartu kredit untuk pertama kali. Yang tentunya dengan produk yang ditujukan untuk orang-orang dengan riwayat kredit terbatas atau tanpa riwayat kredit sama sekali. Namun, tidak semuanya berita buruk, banyak kartu seperti itu menawarkan hadiah yang layak dan tidak memungut biaya tahunan seperti yang diberikan oleh Bank Sinarmas. 

apply kartu kredit
apply kartu kredit

2. Uang Jaminan Membuat Kartu Kredit Lebih Mudah Didapat

Jika Anda kesulitan mendapatkan persetujuan untuk kartu kredit pertama Anda (misalnya karena Anda memulai tanpa nilai kredit sama sekali) cobalah kartu kredit dengan jaminan uang dalam jumlah tertentu.

Kartu kredit dengan jaminan dirancang untuk orang-orang dengan nilai kredit yang kurang bagus atau tidak memiliki skor kredit. Untuk apply kartu kredit pertama Anda, Anda harus menyetorkan uang tunai terlebih dahulu. Batas atau limit kredit Anda pada umumnya akan sama dengan deposit yang Anda setorkan. Persyaratan setoran minimum pada umumnya dimulai dari nominal 3 juta rupiah, tergantung pada kartunya. Sebagian besar kartu dengan jaminan memungkinkan Anda menyetor lebih banyak untuk mendapatkan batas kredit yang lebih tinggi.

Keterlambatan pembayaran bisa berarti Anda kehilangan sebagian dari deposit Anda ini. Namun, jika Anda selalu melakukan pembayaran tepat waktu dan membelanjakan jauh di bawah batas kartu, Anda dapat memperoleh nilai atau skor kredit yang baik dalam hitungan bulan. Pada saat itu, penerbit kartu Anda mungkin meningkatkan akun ke kartu biasa tanpa jaminan, atau Anda mungkin mengajukan permohonan kartu tanpa jaminan dan menutup kartu sebelumnya dengan reputasi baik. Dalam kedua kasus tersebut, deposit Anda sebelumnya akan dikembalikan.

3. Kartu Kredit Pertama Anda Dapat Membangun Kredit Anda Atau Menghancurkannya

Salah satu alasan utama untuk apply kartu kredit pertama Anda adalah untuk meningkatkan kredit Anda. Namun, jika Anda tidak berhati-hati, hal semacam ini justru bisa berdampak sebaliknya. Ini semua tergantung pada berbagai hal yang Anda lakukan.

Setiap bulan, penerbit kartu Anda akan melaporkan aktivitas kartu kredit Anda ke biro kredit, sebuah lembaga atau perusahaan yang menyusun laporan kredit yang menjadi dasar nilai kredit Anda. Informasi yang dilaporkan mencakup apakah pembayaran Anda tepat waktu dan berapa banyak kredit Anda yang tersedia dan telah Anda gunakan. Pembayaran yang terlambat itu buruk. Memaksimalkan limit dari kartu kredit itu juga buruk.

Untuk memastikan aktivitas kartu kredit Anda membantu Anda sebanyak mungkin, bayar penuh dan tepat waktu setiap bulan dan jaga jauh di bawah batas kredit Anda. Aturan praktis yang baik adalah dengan mempertahankan saldo Anda di bawah 30% dari limit kredit Anda yang tersedia setiap saat. Anda juga dapat melacak skor kredit Anda untuk melihat posisi Anda.