Tips Berbagi Inspirasi Arsitektur Dalam Membuat Bangunan

0
175
berbagi inspirasi tentang arsitektur
berbagi inspirasi tentang arsitektur

Dalam membangun rumah impian tentunya memerlukan persiapan yang cukup panjang, karena yang dikerjakan akan ditinggali untuk selamanya bersama keluarga tercinta. Dari itu untuk pemilihan bahan material, desain, konstruksi atap dan yang lainnya dilakukan secara teliti supaya bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagi anda yang belum memiliki pengetahuan akan arsitektur dan yang lainnya maka mengikuti berbagai inspirasi tentang arsitektur yang ada di masterrumah.id bisa menjadi pilihan.

Di masterrumah.id anda bisa mendapatkan berbagai informasi penting dalam membangun rumah yang kuat, indah dan pastinya nyaman untuk ditinggali. Persembahan dari semen Tiga Roda masterrumah.id memberikan anda kesempatan untuk bisa berbagi inspirasi tentang arsitektur sekaligus juga bisa bertanya-tanya kepada para ahli di bidang arsitektur dalam mempersiapkan bangunan atau rumah impian.

Berbagai informasi penting yang bisa didapatkan tentunya akan sangat bermanfaat digunakan sebelum membuat bangunan rumah yang nyaman dan kuat. Misalnya dari berbagai persiapan yang harus dilakukan dalam membangun rumah impian maka beberapa tips yang mudah dan penting berikut ini perlu diperhatikan.

berbagi inspirasi tentang arsitektur
  1. Memanfaatkan cahaya alami. Kurangnya cahaya alami yang masuk dalam rumah bisa menjadikan rumah tampak kusam bahkan kurang berestetika. Dari itu memanfaatkan cahaya alami masuk dalam rumah selain bisa menambah kesan yang nyaman sekaligus juga hemat energi. Untuk melakukannya anda dapat menempatkan kaca pada sisi luar bangunan atau memiliki jendela yang cukup besar. Dengan cara ini selain menambah nilai estetika rumah juga bisa menampilkan pemandangan indah dari luar.
  2. Perhatikan ventilasi udara. Selain memperhatikan akan cahaya yang masuk perhatikan juga bagaimana ventilasinya. Untuk Indonesia yang beriklim tropis anda bisa menggunakan jendela berukuran lebar yang bisa membuat udara mengalir bebas sehingga membuat isi rumah menjadi sejuk. Penggunaan jendela seperti ini juga bisa memberikan karakter rumah yang modern sehingga terlihat lebih nyaman bagi anda para penghuninya.
  3. Pilih eksterior yang sedikit perawatan. Untuk hal ini sangat bermanfaat supaya anda tidak terlalu repot dalam melakukan perawatan yang terlalu sering dan tentunya berpengaruh juga pada biaya. Demi mengurangi perawatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan pelapis kebony. Cara ini sangat bermanfaat dalam mempertahankan struktur bangunan menjadi lebih panjang dan tentunya mengurangi biaya perawatan. 
  4. Menggunakan rainscreen terbuka. Cara ya ini sangat berguna dalam mencegah dinding penahan udara atau air menjadi basah. Hal ini karena penggunaan pelapis khusus yang berfungsi dalam menjauhkan kelembaban dari membran tahan air. Selain itu penggunaan rainscreen juga berperan dalam menjaga udara panas atau dingin sehingga sirkulasi udara dalam ruangan menjadi nyaman.
  5. Gunakan penerangan LED yang lebih efisien. Penggunaan lampu LED menjadi bagian penting dalam suatu bangunan sebagai pencahayaan agar ruangan bisa lebih cerah. Akan tetapi penggunaan yang kurang tepat bisa termasuk pemborosan dan tentunya berdampak negatif untuk lingkungan. Penggunaan lampu LED ini juga bisa lebih hemat dari penggunaan bohlam biasa karena daya listriknya yang jauh lebih sedikit.
  6. Pilih desain rumah yang Eco-Friendly membangun rumah yang tahan lama dan nyaman digunakan bisa dilakukan dari awal dengan memilih desain rumah yang eco-friendly. Konsep eco friendly sendiri merupakan konsep yang berupaya dalam mengatasi permasalahan global dari kerusakan zaman. Bangunan dengan desain ini tidak hanya menghadirkan kenyamanan para penghuninya juga bisa menjadi solusi dalam menciptakan kehidupan yang ramah lingkungan dan sehat di masa depan.