Ketahui Penyebab Karies Gigi dan Makanan Yang bisa Mencegahnya

0
42

Karies gigi merupakan sebuah kondisi demineralisasi yang terjadi pada jaringan keras gigi. Kondisi ini banyak ditemui pada usia anak-anak yang masih memiliki gigi susu. Penyebab karies gigi sendiri beragam, mulai gaya hidup yang kurang sehat, makanan, hingga kebersihan gigi dan mulut yang kurang.

Ada pepatah mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Ini juga berlaku pada kasus karies gigi pada anak. Sebelum karies gigi berakibat buruk pada anak, ada baiknya melakukan tindakan preventif atau pencegahan terlebih dahulu.

Tindakan pencegahan ini bisa Moms lakukan dengan memberikan menu makanan yang dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

Berikut Makanan Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Dan Kekuatan Gigi Anak:

  1. Susu

Susu sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada anak. Terutama jenis susu yang tinggi akan kandungan kalsium dan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kekuatan tulang dan gigi anak.

Sebuah penelitian menunjukkan kekurangan vitamin D pada anak menjadi salah satu penyebab karies gigi pada anak. Sehingga konsumsi susu yang tinggi kalsium dan vitamin D dipercaya mampu mencegah terjadinya karies gigi pada anak.

  1. Buah Berry

Buah berry adalah salah satu buah yang kaya akan flavonoid. Flavonoid pada buah berry memberikan efek anti bakteri yang cukup kuat, sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies di rongga mulut dan air liur.

  1. Ikan dan Telur

Bahan makanan yang biasanya diolah menjadi lauk yang lezat ini, merupakan bahan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Pasalnya, keduanya banyak mengandung vitamin D yang berperan aktif dalam kesehatan gigi dan tubuh.

  1. Sayuran Hijau

Beberapa jenis sayuran yang kaya akan vitamin A dan vitamin C memang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Sayuran layaknya wortel, seledri, sawi dan bayam adalah beberapa jenis yang bisa Moms pilih untuk dijadikan menu sehat bagi anak.

  1. Keju

Produk turunan dari susu ini juga terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah karies. Kandungan kalsium yang tinggi pada keju terbukti mampu mencegah proses demineralisasi pada jaringan keras gigi. Kalsium pada keju juga dapat membantu mengembalikan mineral yang hilang pada gigi.