Cara Mengetahui Tekstur Mpasi Sesuai dengan Umur Anak

0
99

Usia dibawah 6 bulan pencernaanya belum matang sempurna, namun jika sudah menginjak 6 bulan ke atas, dimana seiring dengan pertumbuhan dan juga lebih banyak bergerak bayi membutuhkan asupan nutrisi yang lebih sehingga harus diberikan nutrisi tambahan selain dari ASI  yakni dengan memberikan MPASI atau lebih dikenal dengan makanan pendamping ASI. Pada usia 6 bulan pun pencernaanya pun sudah mulai terbentuk dengan lebih matang namun meski begitu untuk bayi yang pemula mengkonsumsi makanan selain ASI harus diberikan tekstur mpasi yang lebih cair. 

Dalam memberikan makanan pendamping ASI ada beberapa tahapan yang tentunya disesuaikan dengan umurkan dan bisa dikatakan dengan naik tingkatan tekstur, hal itu harus dilakukan agar sikecil mulai bisa merasakan berbagai macam tekstur. Berikut pemeberian mpasi dengan tekstur yang disesuaikan dengan umur anak.

  1. Umur 6 bulan 

Padaa umur 6 bulan, ini menjadi momen pertama bayi mulai merasakan makanan padat pertamanya, pada tahapan ini juga bayi mulai belajar makan sehingga tekstur makanannya pun harus dibuat lebih encer sehingga bayi lebih mudah untuk menelannya dan anak pencernaannya lebih mudah mencernanya. Beberapa bahan makanan bisa dibuat dengan cara diblender kemudia disaring lalu bisa dicairkan dengan menambahkan ASI sehingga sikecil akan merasakan makanan berbeda namun dengan tidak meninggalkan rasa dari ASI itu sendiri.

  1. Umur 9 bulan

Ketika si kecil sudah menginjak usia 9 bulan maka sudah seharusnya bayi diperkenalkan dengan tekstur mpasi yang lebih naik tingkatannya yaitutektur yang lebih lembek seperti makanan yang dicincang, mau tidak mau sikecil harus belajar memakannya.

  1. Umur 12 bulan

Dan ketikan sudah menginjak  satu tahun selain sudah terbiasa dengan makanan yang lebih lembek dan sudah pandai mengunyah, pada usia 1 tahun juga anak sudah mulai memakan dengan tangannya sendiri maka pada usia ini berikan si kecil makanan padat misalnya potongan buah. 

Itulah beberapa tahapan tekstur mpasi sesuai dengan umur si kecil, jika bunda ingin berkreasi makanan mpasi maka bunda bisa menambahkan cerelac resinutri yang kaya akan vitamin dan mineral.