Pola Makan Sehat Sesuai Anjuran Ahli Gizi

0
78
ahli gizi,

Tahukah Anda bahwa makanan memiliki peranan yang penting dalam kesehatan? Ya, pola makan yang sehat dapat mencegah datangnya berbagai penyakit baik yang berat maupun yang ringan. Para ahli gizi, juga sudah sering menginformasikan makanan-makanan apa saja yang bagus untuk kesehatan dan mana yang tidak bagus.

Nah,berikut ini kami sudah merangkum berbagai makanan-makanan yang menurut para ahli bagus untuk kesehatan:

ahli gizi
ahli gizi

1.      Makanan Berprotein Tinggi

Protein merupakan salah satu asupan yang penting untuk tubuh. Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan dalam pembentukan otot, hormon, kulit, dan sel maupun jaringan di dalam organ tubuh manusia.

Makanan yang mengandung protein juga mampu membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan, kandungan protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

2.      Mengonsumsi Lemak Baik

Perlu Anda ketahui, selain lemak yang jahat, juga ada lemak baik atau yang disebut juga lemak tak jenuh. Selain itu, ada juga lemak tak jenuh ganda, contohnya seperti asam lemak omega 3.

Kedua jenis lemak baik tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau yang dikenal dengan istilah HDL. Selain itu juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung maupun stroke.

Sumber makanan yang mengandung lemak di antaranya seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak sayur seperti minyak zaitun, selai kacang, ikan salmon, kacang kedelai, tahu, dan lainnya.

3.      Mengonsumsi Makanan Dengan Karbohidrat Kompleks

Untuk makanan utama, pilihlah jenis makanan dengan karbohidrat kompleks. Kandungan ini sama pentingnya seperti protein dan lemak sehat. Karbohidrat kompleks sendiri adalah sumber energi untuk tubuh. Di dalam karbohidrat kompleks terkandung mineral, serat, dan juga vitamin.

Karbohidrat kompleks terdapat pada makanan-makanan seperti roti, kacang0kacangan, nasi, brokoli, apel, pisang, dan wortel.

4.      Mengonsumsi Susu dan Juga Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu kaya akan nutrisi. Susu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, khususnya untuk jenis susu sapi. Selain itu, juga berlaku untuk produk olahan susu seperti keju dan yoghurt.

Susu kaya akan kandungan protein hewani, kalium, kalsium, vitamin B2,vitamin B12 dan magnesium. Selain itu, susu juga kaya akan bateri yang baik atau dikenal juga dengan istilah probiotik yang bagus untuk kesehatan pencernaan dan menjaga daya tahan tubuh.

5.      Mengonsumsi Makanan Berserat

Makanan-makanan yang mengandung serat bagus untuk kesehatan pencernaan terutama usus. Selain itu makanan berserat juga dapat membantu menurunkan berat badan dan juga kadar gula yang tinggi. Bahkan susu juga bagus untuk mengatasi konstipasi.

Asupan serat harian yang direkomendasikan adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram khusus untuk pria. Ada banyak sekali makanan yang mengandung serat, beberapa di antaranya seperti buah bit, pisang, brokoli, lentil, buah pir, stroberi, apel, sereal, bubur gandum, ubi dan biji chia.

Rekomendasi Makanan yang Kaya Akan Nutrisi

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis makanan-makanan yang kaya akan nutrisi tinggi. Mulai dari sayuran hijau, dada ayam, daging merah yang minim lemak jahat, susu, olahan susu, dan berbagai macam jenis makanan lainnya.

Kacang-kacangan juga bagus mengoptimalkan asupan protein. Meski begitu, kacang-kacangan adalah makanan yang tidak boleh terlalu banyak Anda konsumsi. Artinya, makanan ini harus Anda konsumsi secukupnya saja karena kacang-kacangan juga mengandung lemak.

Selain itu, hindari juga beberapa jenis makanan. Adapun jenis makanan yang harus dikurangi di antaranya seperti daging olahan, daging asap, sosis, dan lainnya.

Demikian penjelasans eputar makanan-makanan terbaik yang direkomendasi oleh ahli gizi. Semoga bermanfaat dan membantu Anda agar bisa memilih makanan terbaik.