Tips Mengajarkan Si Kecil Kebiasaan Makan Makanan Bernutrisi

0
58
makanan bernutrisi
makanan bernutrisi

Makan bukanlah sekedar kegiatan untuk membuat perut kenyang belaka. Lebih dari itu, makan merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi anak-anak maupun orang dewasa. Makan makanan bernutrisi merupakan salah satu upaya untuk mencukupi nutrisi dalam tubuh. Nah, oleh karena itu penting bagi setiap orang tua untuk mengajarkan pentingnya kebiasaan makan sehat sejak dini kepada Si Kecil. 

Lalu apa saja tips mengajarkan kebiasaan makan sehat pada Si Kecil? yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Cara mengajarkan Si Kecil Kebiasaan Makan Sehat

makanan bernutrisi

Jadikanlah rutinitas

Pastikan makanan bernutrisi menjadi menu standar untuk keluarga. Usahakanlah agar semua anggota keluarga terlibat untuk memilih menu makanan yang sehat dan enak. Ibu bisa mengajak Si Kecil ke supermarket atau pasar untuk berbelanja bahan masakan. Dengan begitu, Si Kecil dapat memilih buah dan sayuran segar. Tanyakan juga pada mereka menu apa yang mereka inginkan atau yang sebaiknya dimasak. Ajak juga Si Kecil membantu Ibu di dapur.

Menunjukkan cara makan yang benar

Ibu harus menjelaskan pada Si Kecil untuk mengisi setengah dari piring mereka dengan buah atau sayuran. Dengan begitu, nutrisi yang dimiliki buah dan sayur akan membantu tumbuh dan kembang mereka. Lalu setengah piring lainnya dapat diisi dengan nasi atau protein tanpa lemak. Dengan begitu makanan tersebut dapat membantu memberi Si Kecil energi yang cukup untuk beraktivitas. Saat berbelanja atau memasak, tunjukkan pada Si Kecil contoh berbeda dari kelompok makanan utama tersebut. 

Hindarilah menganggap ada makanan baik dan ada makanan yang buruk 

Sebaiknya Ibu menghindari pemberian label baik dan buruk pada suatu makanan. Lebih baik berikanlah penjelasan mengenai kegunaan dan bahaya dari makanan tersebut. melalui sebuah penjelasan, Si Kecil akan paham. Lalu mereka dapat mengukur sendiri mana yang baik dan mana yang tidak untuk asupan gizi mereka. 

Membicarakan porsi makanan

Kemudian cara yang tidak kalah penting untuk mengajarkan anak kebiasaan makan sehat yaitu membicarakan porsi. Yang perlu ditunjukkan yaitu seberapa banyak porsi seharusnya makanan yang akan dimakan. Anak-anak usia dini sudah dapat belajar bahwa jumlah nasi yang mereka makan harus sesuai dengan ukuran kepal tangan mereka. 

Protein harus seukuran telapak tangan, sementara lemak, mayones, dan mentega hanya sebatas ujung ibu jari mereka saja. Ketika membeli makanan kemasan, mintalah Si Kecil untuk membantu menemukan porsi makan yang pas. Kemudian, jelaskanlah mengapa makanan harus sesuai dengan porsinya. 

Membatasi makanan yang manis

Ibu bisa menjelaskan pada mereka bahwasannya rasa gula dan permen itu enak, namun mengkonsumsinya secara berlebihan akan berdampak buruk. kemudian Ibu bisa menawarkan Si Kecil untuk mengonsumsi buah segar yang manis sebagai pencuci mulut. Buah berperan sebagai pengganti permen atau camilan. Ibu juga harus membatasi camilan sebanyak 2-3 kali seminggu. 

Memberikan contoh makan yang baik

Orangtua harus bisa mengajarkan Si Kecil kebiasaan makan sehat dengan memberikan contoh terlebih dahulu. Jika Ibu melarang Si Kecil untuk makan permen, maka janganlah makan permen di depannya. Sebaliknya, jika kita ingin anak-anak makan buah dan sayur, maka makanlah bersamanya.

Makan bersama 

Anak yang makan bersama keluarga cenderung akan mudah memakan makanan bernutrisi. Maka Ibu hanya perlu membuat momen makan bersama menjadi lebih seru dan menyenangkan. 

Selain itu, berilah Si Kecil susu Nutricia yang sangat baik untuk memaksimalkan proses tumbuh dan kembangnya. Nah itulah beberapa cara mengajarkan Si Kecil kebiasaan makan sehat. Semoga membantu.