Langkah-Langkah Melatih Anak Berpuasa

0
51
melatih anak berpuasa

Tugas orang tua adalah memberikan pelajaran positif kepada anak, salah satunya adalah puasa. Puasa pada anak tidak dapat ditentukan dan diwajibkan. Hal ini dikarenakan usia dan kondisi fisik anak belum mampu melaksanakan ibadah puasa. Jika orang tua memaksa untuk melaksanakan ibadah puasa, maka orang tua akan menyakiti kondisi fisik maupun mental maupun fisiknya. Maka dari itu, untuk melatih anak berpuasa harus dilakukan dengan cara gembira dan menyesuaikan kondisi anak.

Apresiasi anak berpuasa

Dalam mebangun diri, anak memerlukan pujian agar ia merasa senang dan didukung, dengan adanya kegembiraan pada anak, ia akan merasa senang dan ingin melaksanakan puasa lagi dan lagi. Tak hanya itu, apresiasi tersebut dapat anda lakukan dengan cara memberi menu berbuka dengan menu yang disukainya seperti contohnya susu Dancow. Ada pula apresiasi dengan cara memberi atau memberikan sesuatu yang diimpikan olehnya.

melatih anak berpuasa

Banyak cara untuk apresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh anak. Selagi itu positif dan tidak merugikan didinya, manusia pun orang lain para orang tua tidak usah khawatir.  Melatih anak berpuasa tidak mewajibkan merupakan suatu langkah penunjang ibadah puasa anak dimasa depan.

Langkah Untuk Melatih Anak Berpuasa

Adanya langkah dalam melatih anak untuk melaksanakan ibadah puasa sangat diperlukan. Hal ini agar menata kondisi anak dan pemahamannya. 

Langkah yang pertama adalah memberikan arahan puasa kepada anak. Dengan hal tersebut pasti akan mengetahui bahwa puasa merupakan suatu hal untuk menahan diri dari lapar dan haus. 

Langkah yang Kedua orang tua dapat memberikan pengetahuan berupa keutaman puasa atau syarat puasa itu sendiri. Tak hanya itu, orang tua pun dapat memberitahukan bahwa apa saja yang dapat membatalkan orang berpuasa. 

Melatih anak berpuasa secara bertahap merupakan hal yang harus dilakukan oleh orang tua. Hal ini untuk mengasah kemampuan anak dalam berpikir. Dengan adanya langkah untuk melatih anak melaksanakan ibadah puasa pun menjadikan anak percaya diri dan mengingat larangan atau perintah puasa. Semakin bertambahnya waktu, hal tersebut akan diperlukan oleh seorang anak.