Biaya Kuliah Jurusan Psikologi: Ini Dia Sederet Prospeknya

0
179
biaya kuliah jurusan psikologi
biaya kuliah jurusan psikologi

Kenapa banyak yang ingin kuliah di jurusan Psikologi? Jawabannya tentu mengenai banyaknya prospek gemilang bagi para lulusannya di masa depan. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja prospek kerja lulusan Psikologi dan berapa biaya kuliah jurusan Psikologi, ada hal penting yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Salah satunya adalah dengan memilih kampus yang terbaik. Di kampus berkualitas, lulusannya pasti siap terjun ke dunia kerja dengan bekal kemampuan dan pengetahuan yang sudah tidak diragukan lagi. 

Ketika memilih kampus, pastikan memilih kampus yang memang berkualitas. Kampus yang bagus, dari segi fasilitas, bangunan, pengajar, dan seluruh aspek lainnya. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda bisa mendapatkan kampus sesuai impian untuk kuliah Psikologi. 

Apa Saja Prospek Kerja Kuliah Psikologi?

Tidak usah bingung atau ragu, jika Anda menyukai Psikologi dan ingin mendalaminya, lebih baik memang mengambil jurusan ini. Beberapa prospek gemilang jurusan Psikologi ini antara lain:

Human Resource Departement (HRD)

Human Resource Development atau biasa disingkat HRD merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati oleh para sarjana psikologi. Faktanya, perusahaan kecil, menengah, hingga besar memang butuh HRD di perusahaannya dan menggunakan lulusan psikologi. Ada beberapa penyebutan untuk HRD untuk industri ini, yaitu Human Sumber (HR), Human Sumber Development (HRD)Human Sumber Management (HRM), dan Human Capital (HC).

Guru Bimbingan Konseling (BK)

Bidang selanjutnya yang bisa menjadi pilihan pekerjaan seorang lulusan Psikologi adalah menjadi guru untuk Bimbingan Konseling (BK). Banyak sekolah yang membutuhkan guru BK untuk menangani beberapa siswa, mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK. 

Bukan hanya di sekolah negeri saja, tapi juga sekolah swasta dengan cakupan yang lebih besar dengan gaji yang juga besar. Pekerjaannya adalah memberikan tuntunan untuk anak yang bermasalah atau anak tertentu yang ingin mendapatkan arahan mengenai belajarnya.

Konselor

Peluang selanjutnya adalah menjadi Konselor profesional. Untuk menjadi konselor dibutuhkan pengalaman yang tepat dan memadai, karena jabatannya juga tinggi. Ada juga bidang pekerjaan Psikologi yang membuka praktek sendiri sebagai tempat konsultasi maupun tes calon karyawan. Ini tergantung bagaimana Anda memanfaatkan sebuah peluang.

Dosen Psikologi

Rekomendasi selanjutnya adalah menjadi dosen Psikologi. Ini cocok untuk Anda yang ingin terjun di bidang pengajaran atau memiliki passion sebagai pendidik. Jika ingin menjadi dosen, Anda harus melanjutkan studi sampai minimal S2. Anda bisa memilih sebagai dosen bagian klinis, umum, sosial, tingkah laku, dan lain sebagainya.

Bukan hanya kampus negeri yang punya banyak lowongan untuk dosen Psikologi, kampus swasta juga banyak yang berdiri dan memberi kesempatan untuk Anda. Apalagi kampus swasta memiliki gaji yang besar.

Psikolog

Selanjutnya adalah peluang menjadi Psikolog. Profesi yang bisa membantu orang lain mengatasi gangguan mental manusia. Anda bisa belajar banyak hal, serta mengenal lebih banyak orang. 

Banyak orang yang membutuhkan Psikolog saat ini karena tuntutan hal-hal tertentu sehingga mentalnya cukup rapuh. Cara yang cukup digemari oleh sebagian orang adalah menghubungi para Psikolog untuk membantu menyelesaikan masalah mereka.

Masih banyak prospek kerja jadi seorang Psikolog. Tips agar menjadi lulusan yang berkualitas adalah mencari kampus yang terpercaya seperti Universitas Indonesia (UI). Kampus terbaik ini menawarkan fasilitas lengkap dan biaya kuliah jurusan Psikologi yang sesuai dengan kualitas, tentunya dengan berbagai rincian tertentu.