Jangan Salah Langkah! Begini Cara Memilih Ban Terbaik Untuk Mobil

0
100

Pada sebuah kendaraan, ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting keberadaannya. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu akan bagaimana caranya memilih ban terbaik untuk mobil mereka. 

Padahal peranan ban pada sebuah kendaraan ini, terhitung ada banyak sekali loh. Meliputi diantaranya menopang beban mobil dan muatannya, mempermudah laju kendaraan, memungkinkan untuk melakukan pengereman, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Bagaimana Cara Memilih Ban yang Terbaik? 

Untuk membantu Anda dalam mendapatkan ban terbaik untuk mobil pribadi, maka berikut beberapa cara yang bisa dilakukan. 

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ketika akan memilih ban mobil, penting untuk menyesuaikannya terlebih dulu dengan berdasarkan kebutuhan pribadi. Apakah Anda sering mengutamakan kenyamanan dalam berkendara, atau lebih menyukai kecepatan saat sedang melaju di jalanan. 

Sebab beda kebutuhan ini, akan sangat mempengaruhi tipe ban yang tepat untuk gaya berkendara Anda sehari-hari. Ban yang mengutamakan kenyamanan, tentunya akan memiliki spesifikasi yang berbeda dengan ban tipe kecepatan. 

  • Pengecekan Pada Pola Tapak Ban

Mengecek pola tapak ban juga menjadi salah satu yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan ban mobil yang terbaik. Ban yang memiliki kembangan atau tapak, akan sangat cocok untuk Anda yang sering melalui jalanan yang licin. 

Sementara ban yang minim dengan tapak, akan sangat cocok bagi Anda yang sering menggunakan kecepatan tinggi ketika sedang berkendara. 

  • Ketahui Tahun Pembuatan Mobil

Penting untuk mengetahui tahun pembuatan mobil, sebab ban keluaran lama biasanya akan mengalami penurunan performa. Untuk mengetahui tahun pembuatannya sendiri, Anda bisa melihatnya secara langsung pada kode yang tertera pada dinding ban.

Umumnya kode produksi ban ini ditandai dengan minggu pembuatan, serta diakhiri dengan angka tahun pembuatan. Misalnya ban dengan kode 3023, itu artinya ban dibuat di minggu ke 30 di tahun 2023. 

  • Memilih Ketebalan Ban yang Tepat

Ketika akan mencari ban mobil baru, pastikan Anda sudah mengetahui ketebalan ban yang direkomendasikan. Pastikan ketebalan bannya sama dengan bawaan pabrik, agar tidak terlalu kekecilan ataupun kebesaran. Biasanya ukuran ketebalan ban juga sering tertera pada dinding bannya itu sendiri.

  • Pilih dari Merek Ban Ternama

Terakhir, cara memilih ban mobil yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah, dengan memilih dari merek yang sudah memiliki nama besar, atau sudah memiliki reputasi yang baik. 

Terhitung ada banyak sekali ban mobil yang tersedia di pasaran saat ini. Ada yang dijual dengan harga yang murah sampai mahal juga ada. Pastikan Anda tidak tergiur dengan harga ban yang murah saja, yang belum teruji kualitas serta durabilitasnya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban? 

Adapun waktu yang tepat untuk melakukan penggantian ban pada mobil ini, bisa dilihat dari beberapa tanda sebagai berikut: 

  • Ketika bagian tapak ban mobil sudah terlihat tipis, sebab ban dengan alur yang sudah tidak tebal biasanya akan mudah licin. 
  • Mendapati dinding ban yang sudah terdapat keretakan dalam jumlah yang banyak. 
  • Terdapat benjolan pada sisi samping dan luar ban mobil, sebab benjolan pada ban ini tidak tahan terhadap panas, sehingga mudah mengakibatkan ban pecah. 

Beberapa cara diatas tentunya bisa menjadi bisa pedoman yang berarti bagi Anda yang sedang mencari ban terbaik, untuk mobil pribadi. Kalaupun Anda sedang mencari produk ban yang sudah tidak usah diragukan lagi akan kualitasnya, maka bisa memilih dari ban DUNLOP saja.