Social Media Agency: Definisi, Tugas, dan Manfaat untuk Sebuah Bisnis

0
114

Istilah agensi media sosial atau social media agency pasti sudah tidak asing lagi bagi pemilik bisnis online. Sesuai dengan namanya, agensi satu ini berhubungan dengan pemasaran melalui media sosial. Mengingat media sosial banyak digunakan saat ini, maka agensi media sosial juga sangat dibutuhkan. Agar lebih paham lebih lengkap mengenai agensi media sosial, simak di sini!

Definisi Social Media Agency

Agensi media sosial adalah sebuah agensi berbasis digital yang hanya menawarkan layanan yang berhubungan dengan media sosial. Contohnya pengelolaan media sosial, pemasaran melalui media sosial, serta optimasi platform media sosial untuk kebutuhan tertentu. Klien yang bekerja sama dengan agensi adalah klien yang memang ingin meningkatkan bisnisnya melalui media sosial. 

Tugas-Tugas Agensi

Langsung saja, berikut ini beberapa tugas dari agensi dalam mengoptimalkan peran media sosial:

1. Mengelola Konten

Salah satu tugas utama agensi media sosial adalah menciptakan, mengelola, serta mengoptimalkan konten di platform media sosial. Hal-hal yang dilakukan biasanya meliputi perencanaan, pembuatan, penjadwalan, dan juga optimasi konten.

2. Berinteraksi dengan Followers

Pengikut atau followers hanya akan menjadi pengikut yang pasif apabila tidak ada interaksi dengan pemilik akun. Oleh sebab itu, agensi memiliki tugas untuk berinteraksi dengan followers. Manfaat lain dari interaksi yaitu membangun kepercayaan pelanggan.

3. Analisis dan Pelaporan

Agensi akan mengumpulkan data serta menganalisis kinerja social media campaign. Analisis dan pelaporan harus dilakukan oleh orang yang kompeten untuk perbaikan strategi pemasaran di masa depan.

4. Iklan Berbayar atau Ads

Pada platform media sosial, ada juga istilahnya iklan berbayar atau ads. Sekarang iklan berbayar banyak dibutuhkan karena memberikan hasil yang lebih efektif. Contoh ads yaitu berupa Facebook Ads, TikTok Ads, Instagram Ads, dan lain-lain.

5. Riset dan Pemantauan Trend

Tidak hanya sembarangan konten saja yang dibuat oleh agensi. Sebelum membuat social media campaign, agensi tentu saja akan melakukan riset dan pemantauan trend. Tujuannya agar konten yang dibuat menarik dan sesuai kebutuhan audiens.

6. Pembaruan Konten dan Perbaikan Berkala

Tugas terakhir yang dilakukan yaitu pembaruan dan perbaikan konten secara berkala. Hal-hal yang dilakukan seperti membuat konten baru yang lebih fresh, mengaudit konten terpublikasi, mengidentifikasi hasil, dan mencari area yang patut untuk diperbaiki. 

Manfaat Agensi untuk Bisnis Anda

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa manfaat bekerja sama dengan social media agency berikut ini:

1. Ahli dan Kompeten di Bidangnya

Agensi media sosial berisi orang-orang yang berpengalaman dan kompeten di bidang pemasaran dan pengelolaan media sosial. Biasanya, tim berisi orang yang terampil di bidang desain grafis, manajemen konten, analitik, periklanan sosial, hingga interaksi pelanggan.

2. Hemat Waktu dan Sumber Daya

Ternyata, bekerja sama dengan agensi bisa membantu Anda menghemat waktu dan sumber daya. Pasalnya agensi memiliki pengalaman untuk mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Selain itu, Anda bisa hemat sumber daya karena agensi menyediakan sumber daya berupa tim kompeten, tools, device, dan lain-lain. 

3. Bisa Disesuaikan Kebutuhan

Manfaat terakhir yaitu Anda bisa bekerja sama sesuai kebutuhan. Jika Anda sudah merasa cukup, maka Anda bisa bekerja sama lagi di lain waktu. Bukan hanya kontraknya yang bisa per project saja, tapi juga layanannya. Anda bisa memilih layanan sesuai kebutuhan.

Itulah informasi dan pembahasan lengkap mengenai agensi media sosial atau social media agency. Akan lebih baik juga jika Anda mencari agensi yang menawarkan produk lengkap seperti IDEOWORKS. Agensi kompeten satu ini mampu menyelesaikan kebutuhan pemasaran media sosial. Bukan hanya itu saja, agensi ini juga menyediakan layanan lain seperti SEO, SEM, dan lain sebagainya. Yuk, bekerja sama dengan agensi IDEOWORKS.