Fungsi Theodolite

0
2688
Fungsi Theodolite
Fungsi Theodolite

Apakah anda sudah mendengar dengan alat yang bernama theodolite? Mungkin diantara anda masih ada yang merasa asing dengan istilah alat tersebut. Baiklah bagi anda yang belum mengetahui tentang pengertian serta kegunaan dari sebuah alat yang bernama theodolite ini, kali ini kita akan mencoba membahasnya secara singkat. Theodolite adalah salah satu jenis alat ukur yang memiliki peran penting untuk mengukur ketinggian tanah baik secara horizontal (sudut mendatarnya) dan secara vertical (sudut tegaknya).

Alat ukur tanah theodolite ini fungsinya jika dilihat sekilas mungkin mirip dengan waterpass akan tetapi ternyata theodolite ini fungsinya berbeda dengan waterpass. Sudut ukur theodolite lebih luas dari pada waterpass karena theodolite tidak hanya dapat mengukur bagian mendatar saja tetapi juga dapat mengukur bagian tegak/tinggi tanah tersebut.

Alat yang sangat penting untuk pengukuran tanah ini menjadikan banyak para distributor ataupun toko yang jual theodolite tersebut. Kemampuan membaca sudut alat ukur theodolite yang dapat membaca sudut hingga pada satuan detik (sekon) menjadikan alat ukur tersebut sebagai alat yang paling canggih untuk kapasitas alat yang digunakan untuk survey.

Theodolite ini digunakan jika bidang/objek tanah yang akan diukur memiliki tingkat kerumitan yang tinggi sehingga keakuratan hasil data survey tetap dapat terjamin. Kenampakan atau gejala bidang yang diukur dengan theodolite pada bidang yang memiliki tingkat kerumitan tinggi tersebut juga akan lebih cepat untuk dipetakan.

Dasar dari alat ukur theodolite ini sebenarnya terdiri dari sebuah teleskop yang diletakkan pada suatu komponen dasar yang membentuk piringan., Teleskop yang diletakkan pada sebuah piringan tersebut dapat kita putarkan mengelilingi sumbu vertical jika kita ingin mengetahui besar sudut horizontalnya dan bila ingin mengetahui besar sudut vertikalnya kita tinggal putar bagian teleskop tersebut mengelilingi sumbu horizontal.

Ketepatan serta keakuratan hasil pengukuran yang dapat diukur oleh theodolite sangat luar karena ketepatan hasil pengukurannya dapat mencapai 1 cm dalam 10 km. Selain untuk mengukur sudut maupun tinggi tanah, Theodolite ini pun juga sangat berguna untuk mengukur sudut siku-siku suatu bangunan agar didapatkan keakuratan sudut yang teruji. Bagi kita yang ingin mengukur sudut atau tinggi tanah dengan tingkat kerumitan yang tinggi, maka kita harus membeli alat ukur ini di toko-toko yang jual theodolite. Saat ini kita tidak hanya dapat membeli alat ini di toko konvensional saja karena sudah banyak pula yang jual theodolite ini di toko-toko online yang dapat anda searching di internet.