Bisnis Waralaba

0
268
Bisnis Waralaba
Bisnis Waralaba

Waralaba adalah usaha yang menggunakan hak dagang atau merek dagang orang lain. Biasanya usaha semua bahan-bahan untuk melakoni usaha ini berasal dari pihak yang memiliki hak dagang. Anda hanya tinggal memasarkannya atau menjualnya. Banyak sekali jenis waralaba, ada waralaba makanan, waralaba minuman, dan waralaba lainnya.

Bisnis Waralaba

  1. Waralaba makanan.

Terdapat beberapa jenis waralaba di bidang kuliner ini misalnya waralaba Kuch2HoTahu. Usaha ini menjual makanan yang berasal dari bahan tahu, Pizza rakyat, arumanis rainbow, Dokar atau Donat bakar, Martabak mini, dan usahan waralaba kuliner lainnya.

Untuk anda yang tertarik untuk usaha waralaba makanan tentunya anda bisa memilih makanan yang enak dan sedang trend yang disukai oleh semua usia, sebab jika menjual makanan yang disukai banyak orang, akan memudahkan anda dalam menjualnya dan anda mendapatkan keuntungan.

 

  • Waralaba minuman

 

Beberapa jenis waralaba di bidang ini yaitu es cincau caffucino, super bubble, usaha ini merupakan usaha minuman bubble ice, matcho chocolate drink, dan usaha waralaba lainnya.untuk usaha waralaba di jenis anda anda juga harus memilih jenis minuman yang sedang digemari banyak orang. Ketika musim kemarau atau panas tiba mungkin banyak orang yang menginginkan meminum minuman yang dingin, hal ini akan menjadi peluang usaha waralaba jenis ini.

Bisnis Waralaba

Jika anda tertarik untuk menekuni usaha waralaba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu:

Yang pertama anda bisa memilih usaha waralaba yang sudah terpercaya  selain itu juga anda bisa memilih waralaba yang sudah mempunyai nama yang sudah terkenal oleh orang banyak sehingga anda mudah untuk menjualnya.

Yang kedua anda bisa memilih waralaba yang izin usahanya jelas sehingga anda tidak akan terkena masalah hukum, selain itu juga anda bisa memilih waralaba makanan atau minuman yang halal.

Yang ketiga yaitu anda bisa memilih lokasi yang strategis misalnya di kampus-kampus, sekolah-sekolah dan pusat keramaian lainnya. karena tempat yang strategis akan mempengaruhi pendapatan dari anda berjualan warlaba.

Usaha waralaba ada yang menggunakan roda kecil dan roda besar, hal tersebut tergantung modal yang anda keluarkan untuk memulai usaha ini. Roda, peralatan serta bahan-bahan yang usaha waralaba biasanya berasal dari pemilik usaha.

Berikut ini merupakan salah satu contoh waralaba yang sedang banyak diminati dan sukses meraup untung yaitu waralaba  seblak. Usaha ini menjual camilan yang terbuat dari kerupuk, ada juga yang terbuat dari macaroni, mie, kwetiauw dan bahan lainnya. usaha ini menggunakan roda kecil dan roda besar, untuk memulai usaha ini mungkin anda bisa mengeluarkan moadal kira-kira Rp 5 jutaan. Hal tersebut bisa tergantikan dengan penghasilan yang diperoleh setiap harinya jika seblak yang anda jual laku terjual.

Biasanya usaha waralaba ini memasarkan seblak di pinggir jalan. Untuk kemasan seblak ini menggunakan dus plastik. Terdapat beberapa level kepedasan dari seblak ini, mulai dari level 1 samapi level 10. Harga tiap porsinya di jual seharga Rp 5 ribu sampai Rp. 10ribu tergantung tambahan dari seblak apakah menggunakan telur, tulang, ceker, sosis, bakso ataupun bahan lainnya. jika setiap harinya terjual 50 porsi dengan tiap porsinya Rp 5 ribu, maka anda setiap hari memperoleh keuntungan kotor sebesar Rp 250 ribu rupah .