Tips Praktis Mengatasi Anak Yang Susah Untuk Makan Sayur Dan Nasi

0
295
mengatasianak-susah-makan
mengatasianak-susah-makan

Saat anak mulai tumbuh berkembang dalam usia emasnya, biasanya anak akan susah untuk makan terutama makanan seperti sayuran atau nasi. Ia biasanya lebih menyukai makanan-makanan instan atau menyukai berbagai jajanan yang ada di warung. Hal ini tentunya kurang baik jika terus dibiarkan karena dapat mengganggu akan kebutuhan nutrisi penting dalam masa tumbuh kembangnya, sehingga bagi orang tua mengetahui bagaimana cara mengatasi anak susah makan untuk hal sangat penting diketahui.

Usia sikecil yang suka memilih-milih makanan dan cenderung hanya mengkonsumsi makanan yang ia sukai, akan membuatnya kekurangan nutrisi penting yang ia butuhkan. Untuk hal tersebut dalam mengatasi anak susah makan berikut ini diantara berbagai tips praktis yang bisa dilakukan.

  1. Makan bersama keluarga atau dengan ayah. Dengan makan bersama keluarga terutama ayah dapat membuat perasaan anak menjadi senang karena ia merasa diperhatikan oleh anggota keluarganya. Untuk hal tersebut sangatlah penting memupuk kebersamaan keluarga untuk bisa membuat anak tumbuh kembang secara maksimal.
  2. Membuat variasi makanan terbaru dari sayur dan nasi yang dihidangkan. Untuk saat ini telah banyak berbagai kreasi terbaru dalam membuat tampilan sayur dan nasi yang disajikan untuk anak menjadi lebih menarik perhatian anak. Anda dapat membuatnya menjadi wajah hewan dan sebagainya, hal ini membuat anak menjadi lebih senang saat makan sayur ataupun nasi.
  3. Membuat kreasi makanan yang dicampur. Jika anak sulit makan sayuran maka anda dapat membuat sayuran yang dicampurkan dengan aneka makanan lain yang disukai anak. Misalnya antara sayuran dengan daging yang ia sukai. Dengan mencampurkan seperti ini anak tetap dapat menikmati makanan kesukaannya dan juga sayuran yang diberikan.
  4. Pemberian sayuran dan nasi dalam waktu yang berbeda. Untuk hal ini anda tidak harus memberikan berbagai sayuran yang harus habis saat itu juga. Anda bisa mensiasatinya dengan pemberian yang berselang, hal ini dapat membuat anak menjadi lebih menyukai akan sayuran yang diberikan sekaligus juga dengan nasinya.