Tips Saat Anak Susah Makan

0
508
Tips Saat Anak Susah Makan
Tips Saat Anak Susah Makan

Saat anak mulai tumbuh dan berkembang dalam usianya misalnya dalam 3 tahun ke atas biasanya sikecil mulai memilih-milih makanan yang akan dikonsumsinya. Lebih lanjut lagi anakpun mulai susah untuk makan bahkan ia hanya mau makan jika dengan terlebih dahulu harus dirayu dengan sulit oleh orang tuanya. Jika hal ini terjadi tentunya akan menjadi masalah tersendiri karena hal ini berhubungan dengan pemenuhan akan kebutuhan nutrisinya. Oleh sebab itu sebagai orang tua mengetahui akan cara mengatasi anak susah makan menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Pada anak yang mengalami susah makan biasanya ia hanya menolak makanan yang tidak ia sukai seperti sayuran atau buah-buahan dan hanya mau makan dengan makanan yang itu-itu saja. Jika hal ini terus terjadi maka asupan nutrisi yang masukpun hanya dari jenis makanan tertentu yang ia sukai, yang secara otomatis akan kurang. Untuk hal tersebut berikut ini 5 cara mengatasi anak yang susah makan yaitu sebagai berikut.

  1. Buat jadwal makan anak secara teratur. Dengan membuat jadwal makan yang teratur akan membuat anak terbiasa dengan jadwal makannya, sehingga anak tidak akan lupa kapan waktu baginya untuk makan.
  2. Membuat waktu makan anak yang lebih menyenangkan. Untuk hal ini jangan sampai anda memaksakan kepada anak untuk makan atau menakut-nakutinya agar ia mau makan. Hal seperti ini justru akan membuatnya menjadi tidak mau untuk makan. Untuk hal tersebut anda dapat merubah suasana saat anak makan menjadi suasana yang lebih menyenangkan, dengan bercanda atau bercerita atau yang lainnya.
  3. Mengajak anak aktif dalam menyiapkan atau menyajikan makanan. Membuat anak ikut aktif dalam menyajikan makanan akan membuatnya senang dan lebih menyukai akan hasil makanannya. Dengan cara inipun membuat anak menjadi lebih senang saat waktu-waktu makannya.
  4. Membatasi pemberian minuman yang berlebih saat makan. Dengan memberikan minuman yang berlebih saat anak makan, akan membuat anak menjadi lebih cepat kenyang saat makan. Untuk hal tersebut membatasinya menjadi hal yang penting dilakukan.
  5. Minimalkan gangguan saat anak makan. Dalam hal ini misalnya dengan menjauhkan anak dari nonton televisi atau dari berbagai mainan yang membuatnya hanya mau man saja.