Permainan Olahraga Tradisional Yang Masih Terjaga Sampai Saat Ini

0
440
permainan olahraga tradisional
permainan olahraga tradisional

Indonesia terkenal sebagai Negara yang memiliki berbagai macam budaya baik dalam hal seni, bahasa, rumah adat, olahraga, serta permainan tradisional yang harus kita jaga serta lestarikan. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat sebagian budaya kita mulai ditinggalkan termasuk dalam hal permainan olahraga tradisional. Tidak sedikit anak-anak kita saat ini yang terlalu asyik bermain game baik melalui gadget atau datang langsung ke tempat game online yang dengan mudah bisa kita temukan di berbagai tempat.

Sebenarnya masalah ini sudah menjadi tugas kita beserta pemerintah untuk terus melestarikan berbagai macam kebudayaan tersebut dengan cara membentuk suatu wadah supaya semua budaya akan tetap terjaga kelestariannya. Bisa diambil contoh misalnya dalam masalah kesenian kita bisa memasukannya kedalam dunia entertainment.

Pada umumnya jenis permainan olahraga tradisional yang ada di Indonesia tidak terlalu banyak serta keberadaannya hanya diketahui oleh kalangan masyarakat perkampungan saja sesuai dari daerah asalnya masing-masing. Oleh karena itu meskipun jenis olahraga tradisional tersebut bukan berasal dari daerah kita, tidak ada salahnya jika kita ikut menjaga serta melestarikannya dengan cara mengajarkan kepada anak-anak kita di rumah.

Adapun contoh olahraga tradisional yang sampai sekarang masih sering kita temukan yaitu permainan benteng. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau jenis permainan ini merupakan jenis permainan ketangkasan yang dimainkan oleh dua grup. Masing-masing grup terdiri dari 4-8 orang disesuaikan dengan jumlah anak yang hadir. Setiap grup memilih tempat sebagai markas yang biasanya ditandai oleh tiang atau pilar sebagai benteng.

Dalam permainan ini semua anggota grup bergantian tugas untuk menjadi penyerang, pengganggu dan penjaga benteng. Untuk memenangkan permainan ini semua anggota grup harus berebut benteng lawannya, dengan syarat badan kita jangan sampai tersentuh oleh lawan, jika sampai tersentuh maka kita akan menjadi tawanan dan tidak bisa melanjutkan permainan. Permainan benteng membutuhkan kecepatan dan ketangkasan sehingga sangat cocok jika permainan ini dimasukkan ke dalam jenis permainan olahraga tradisional

Nah itulah salah satu contoh dari olahraga tradisional yang sampai saat ini masih sering dimainkan oleh beberapa anak di suatu daerah.