Beberapa Penyebab Kulit Kepala Gatal

0
2
kulit kepala gatal

 

Pada saat kulit kepala kita gatal, kita berulangkali menggaruknya. Tentunya, hal ini sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman pada kita. Jika kita terus menerus menggaruk kulit kepala kita yang gatal ini, maka dikhawatirkan terjadi iritasi yang nantinya bisa menjadi membahayakan bagi kesehatan kepala dan rambut kita.

Kulit kepala gatal pernah dialami oleh siapapun, laki – laki perempuan, tua muda, anak – anak dan dewasa semuanya pernah mengalami gatal pada permukaan kulit kepala. Apakah yang menyebabkan kulit kepala gatal ? hal ini akan menjadi bahasan kita kali ini, mudah  – mudahan akan memberikan manfaat bagi kita sehingga kita bisa mencari solusi tepat untuk mencegah dan mengatasi kulit kepala gatal ini.

Beberapa penyebab terjadinya kulit kepala gatal yang sering kita alami selama ini adalah bisa disebabkan oleh ketombe, psoriasis, dan kurap yang menyerang kulit kepala kita.

Secara rinci tentang penyebab kulit kepala gatal adalah sebagai berikut :

  • Ketombe. Ketombe merupakan penyebab kulit kepala gatal yang cukup umum. Ketombe terjadi biasanya karena disebabkan oleh jamur yang tumbuh secara berlebih, dan menyebabkan timbulnya minyak serta sel-sel mati di kulit kepala. Inilah yang menimbulkan serpihan atau kulit kepala mengelupas dan gatal di kulit kepala.
  • Psoriasis. Masalah kulit kepala ini disebabkan oleh sel kulit yang tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak tebal dan kemerahan. Kulit kepala yang memerah ini kemudian ditutupi oleh serpihan dan sisik berwarna keperakan. Psoriasis tergolong kronis dan paling sering ditemukan di kulit kepala, lutut, siku, dan punggung. Gejala dari proriasis adalah ketombe menempel pada batang rambut, bercak keperakan yang tebal dan akan berdarah jika dikupas atau diangkat dari kulit kepala. Bercak psoriasis juga dapat menyebar hingga keluar garis rambut, dan menimbulkan rasa sakit atau kulit kepala gatal serta timbul pada bagian tubuh lain.
  • Kurap. Kurap pada kulit kepala biasanya menyebabkan ruam dengan pinggiran yang terasa menonjol dan kemerahan seperti cacing, dan membentuk cincin. Kurap ini merupakan infeksi jamur dari lapisan luar kulit kepala dan rambut. Gejala yang muncul dapat bervariasi, seperti kulit kepala gatal, bagian kepala yang terkena kurap menjadi botak, dan kulit kepala bersisik.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kulit kepala gatal yang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman kita. Pekerjaan kita akan senantiasa terganggu jika kita mengalami gatal pada kulit kepala.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here