Hal-Hal Yang Mempengaruhi Kecedasan Otak

0
118
Madu

kecerdasan otak merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki seorang manusia di samping memiliki kecerdasan-kecerdasa lain seperti kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kecerdasan otak ini dapat dilihat dari mudah mengingat sesuatu, mudah memahami sebuah konsep baru, terampil berhitung, dan lain-lain.

Orang awam biasa menyebutnya dengan sebutan “pintar”. Kepintaran seseorang dapat dilihat dari mulai batita atau bahkan bayi yang baru beberapa bulan sekalipun. Kepintaran pada bayi dapat dilihat dari gerak-geriknya yang lincah, atau respon dia ketika diajak berkomunikasi. Bayi yang pintar biasanya akan cepat merespon ketika ada yang mengajak berkomunikasi.

Provitamon

Berikut adalah beberapa yang mempengaruhi kecerdasan otak anak.

  • Faktor genetik

Faktor genetik ini merupakan faktor intern yang merupakan bawaan sejak lahir. Dan sangat dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan atau sifat yang diturunkan oleh orangtuanya. Baik sifat dari ayahnya ataupun sifat ibunya.

  • Faktor gizi

Faktor gizi merupakan faktor ekstern yang mempengaruhi kecerdasan otak yang dihasilkan dari suplai makanan dan minuman sehat. Makanan dan minuman sehat  tersebut harus mengandung zat-zat yang menyehatkan otak. Misalnya saja buah-buahan atau sayuran yang banyak mengandung omega 3, DHA, dan AHA.

  • Faktor lingkungan

Faktor lingkungan ini bisa berawal dari lingkungan keluarga ataupun lingkungan tetangga. Lingkungan keluarga merupakan faktor yang paling berpengaruh kepada kecerdasan otak anak. Hal itu dikarenakan di lingkungan keluarga ada pola asuh yang diterapkan sejak dini oleh ibu, ayah, atau anggot keluarganya yang lain.

Dari uraian di atas, jika dilihat dari perbandingan faktor intern dan factor ekstern, perbandingannya 1: 2. Hal itu berarti kecerdasan lebih banyak dsebabkan oleh usaha kita daripada faktor keturunan. Oleh karena itu, berikanlah gizi yang baik kepada anak-anak terutama yang banyak mengandung vitamin otak.

Misalnya saja kurkuma yang ada pada sebuah kunyit. Selain kunyit, ada juga ikan salmon, alpukat, apel, dan lain-lain yang dapat menyehatkan otak. Salah satu suplemen makanan yang baik, aman, dan terbuat dari bahan alami adalah madu. Oleh karena itu, provitamon adalah pilihan tepat jika menginginkan anak yang aktif, sehat, dan memiliki kecerdasan otak yang bagus.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here