Inilah Keuntungan Mengikuti Asuransi Syariah

0
255
asuransi mobil syariah
asuransi mobil syariah

Saat ini, secara umum ada dua jenis asuransi yang bisa dipilih, yakni asuransi konvensional dan asuransi syariah. Untuk memberikan jaminan perlindungan terhadap mobil sebagai aset berharga, Anda bisa memilih asuransi mobil syariah dari perusahaan asuransi kendaraan bermotor syariah korporasi Chubb Syariah.

Di kehidupan modern, salah satu hal penting yang harus dimiliki masyarakat adalah asuransi. Saat ini, secara umum ada 2 jenis asuransi yang bisa dipilih sesuai keperluan, diantaranya asuransi konvensional dan asuransi syariah. Untuk asuransi syariah, Anda juga bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhkan seperti asuransi syariah harta benda, asuransi mobil syariah, asuransi syariah kecelakaan diri kumpulan, asuransi syariah pengangkutan barang, dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

asuransi mobil syariah
asuransi mobil syariah

Asuransi syariah sangat cocok dipilih oleh Anda karena terbebas dari aktivitas riba yang dilarang oleh agama. Asuransi merupakan jaminan perlindungan finansial dari pihak perusahaan asuransi syariah kepada Anda sebagai pihak tertanggung. Asuransi mobil syariah adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan terhadap mobil sebagai aset paling berharga bagi Anda.

Dengan memiliki asuransi mobil syariah, sebagai nasabah Anda akan terhindar dari kerugian dan dapat meminimalisir kerugian akibat risiko-risiko yang terjadi, seperti kecelakaan hingga kecelakaan. Nah, daripada bingung sebaiknya ketahui dahulu prosedur asuransi syariah yang bisa Anda pelajari.

  1. Pembagian Keuntungan

Asuransi bisa berfungsi sebagai investasi. Pada sistem asuransi syariah semua keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan terkait dana asuransi akan dibagikan dengan sistem bagi hasil kepada nasabah, sehingga nasabah akan mendapatkan keuntungan finansial dari keuntungan yang diterima oleh perusahaan.

2. Kepemilikan Dana

Sesuai dengan akad atau perjanjian yang berlaku, dalam asuransi syariah dana asuransi adalah milik bersama semua peserta asuransi, perusahaan asuransi hanya bertindak sebagai pengelola dana saja, dan mendapatkan keuntungan dari sistem bagi hasil.

3. Kewajiban Zakat

Perusahaan asuransi syariah akan mewajibkan pesertanya untuk membayar zakat dengan jumlah yang disesuaikan. Sistem seperti ini tidak akan dijumpai dalam asuransi konvensional.

4. Klaim dan Layanan

Selain mendapatkan jaminan perlindungan atas kerugian finansial, peserta asuransi syariah juga akan mendapatkan manfaat perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit untuk semua anggota keluarga. Dalam hal ini akan diterapkan sistem penggunaan kartu dan membayar semua tagihan yang timbul.

Itulah 4 keuntungan mengikuti asuransi mobil syariah, semoga bermanfaat.