Apa Bedanya Supply Chain dan Logistik Management?

0
241
logistikjobs.id

Anda sedang mencari lowongan kerja supply chain? Namun bingung karena ada lowongan kerja lain yang berhubungan dengan logistic management? Beberapa orang memang sering mengalami ini. Terkadang memang antara lowongan kerja supply chain dan logistic ada saja yang menyamakan namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal tanggung jawab pekerjaan. Ingat, jangan sampai Anda salah melamar pekerjaan karena tidak tahu apa bedanya.

Banyak situs pencari kerja online, salah satunya logistikjobs.id yang menginformasikan lowongan kerja tersebut. Banyak juga perusahaan yang mencari orang berkemampuan sesuai dalam bidangnya seperti lowongan supply chain.

Lantas sebenarnya apa sih perbedaan dari kedua pekerjaan tersebut? Agar Anda tidak salah memasukan CV saat akan melamar pada lowongan kerja supply chain, Anda sebaiknya mengetahui hal ini. Berikut pembahasannya.

Untuk mengetahui apa yang menjadi pembeda antara seorang supply chain dan logistic dari segi tugas dan tanggung jawab Anda harus mengetahui mengenai bidangnya masing-masing.

  • Logistik Management

Hasil gambar untuk logistikjobs.id Logistik Management

Logistik sendiri adalah bagian dari rantai supply yang memiliki fungsi dalam proses perencanaan, pelaksanaan sampai dengan melakukan pengontrolan secara berkala, efektif dan efisien dalam proses pengadaaan serta mengelola penyimpanan, pelayanan sampai dengan memberikan informasi mengenai titik awal sampai dengan titik konsumsi, dengan tujuannya untuk para konsumen.

  • Supply Chain Management

Hasil gambar untuk logistikjobs.id Supply Chain Management

Nah, bagi Anda yang ingin melamar pada lowongan kerja Supply Chain Management lewat situs pencari kerja logistikjobs.id, Anda mengetahui apa itu supply chain management. Disini para staff harus mampu melakukan pengelolaan berbagai macam kegiatan untuk mendapatkan bahan mentah dan bisa menjadi barang jadi ataupun barang setengah jadi, kemudahan harus melakukan pengiriman produk pada para konsumen lewat sistem distribusi yang sudah dibuat. Kegiatan ini tentunya mencakup pada fungsi pembelian secara tradisional juga ditambah dengan berbagai macam kegiatan penting lainnya yang memang berhubungan erat antara pemasok dengan  distributor perusahaan.

Hal tersebut mesti bisa dimiliki Anda oleh Anda yang ingin bekerja dan melamar pekerjaan pada lowongan kerja supply chain. Jangan sampai Anda melamar lewat logistikjobs.id namun dengan asal-asalan atau tidak mengetahui apa-apa.

Sebelum melamar juga Anda harus tahu bahwa banyak tugas yang memang harus dilakukan secara teliti oleh seorang supply chain staff. Selain melakukan pemantauan juga harus bisa mengatur bagaimana material mentah perusahaan bergerak, melakukan planning atau perencanaan hingga berkoordinasi dengan pihak-pihak yang dibutuhkan dan berhubungan dengan produksi dari produk perusahaan.

Bergabung ke dalam supply chain staff perusahaan memang tidaklah mudah, namun Anda bisa terbiasa bila ingin terus belajar. Cari informasi mengenai lowongan supply chain terlebih dahulu, apa yang dibutuhkan dari mulai skill hingga pengisian CV yang dibutuhkan.

Berdasarkan pengertian di atas, Anda sudah bisa sedikit membedakan bukan apa yang menjadi tugas dari seorang logistic dan supply chain? Sekarang Anda tinggal berusaha memenuhi standar perusahaan agar bisa diterima dalam lowongan kerja supply chain. Buat CV yang sesuai juga ya, agar peluang Anda diterima besar!