PT Kaltim Parna Industri Amonia Plant Industri

0
231
pt kaltim parna industri
pt kaltim parna industri

PT Kaltim Parna Industri atau yang dikenal dengan perusahaan PT Kaltim Industri (KPI) ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri petrokimia. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari PT Parna Raya yang merupakan salah satu perusahaan besar yang telah berdiri dari tahun 1972. Perusahaan ini didirikan oleh seorang pengusaha bernama Marihad Simon Simbolon.

KPI sendiri telah berdiri dari tahun 1995 dan disahkan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 13 Februari 1996. Pada saat itu pemegang saham mayoritas dari PT Kaltim Parna Industri adalah PT Parna Raya, yang telah berkembang sebagai perusahaan yang sukses dalam industri energy, perdagangan dan transportasi (darat maupun laut)

Industri petrokimia dari PT Kaltim Parna Industri ini memproduksi Anhydrous Ammonia atau yang dikenal juga dengan amoniak berbahan baku gas bumi dengan jumlah produksi mencapai 1.500 MT/hari. KPI beroperasi di kawasan industri PT Kaltim Industrial Estate (KIE) yang bertempat di Bontang, Kalimantan Timur. Perusahaan yang terdiri dari pabrik serta fasilitas lainnya ini berdiri di tanah seluas kurang lebih 8 hektar luasnya.

KPI memiliki kantor perwakilan, yang terletak di Kecamatan Setiabudi kawasan Jakarta Selatan. Satu tahun setelah pengesahan perusahaan tersebut, KPI mulai menggandeng investor asing untuk merealisasikan pendirian pabrik amoniak PT Kaltim Parna Industri yang mana saat ini Indonesia tengah mengalami krisis moneter.

Setelah momentum itulah kemudian KPI berubah menjadi PMA dengan pemegang saham PT Parna Raya sebesar 25%, Yayasan Tabungan Hari Tua Pupuk Kaltim (YTHT) sebesar 10% dan beberapa pemegang saham lainnya baik dari perusahaan lokal hingga mancanegara.

Hingga saat ini, akhirnya KPI berhasil menghasilkan amonia dengan jumlah yang fantastis hingga mencapai 19.000 MT. Setelah itu, kepemilikan saham kembali berubah dengan masuknya perusahaan Asahi Kasei Chemicals Corporation (Asahi Kasei) pada tanggal 31 Oktober tahun 1997, Dana Pensiun Pupuk Kalimantan Timur dan beberapa lainnya.

Nah itulah penjelasan singkat tentang sejarah dan juga perkembangan perusahaan KPI atau PT Kaltim Parna Industri yang hingga saat ini masih tetap berdiri dan terus berkembang sebagai perusahaan Ammonia di Tanah Air.