Filosofi Di Balik Perhiasan Tradisional Indonesia

0
239
perhiasan tradisional
perhiasan tradisional

Indonesia adalah negara yang sangat kaya, baik itu alamnya, maupun kebudayaannya. Perhiasan tradisional menjadi salah satu ciri dari kekayaan Nusantara. Setiap suku di negeri ini memiliki perhiasan masing-masing, dimana perhiasan tersebut mengandung makna tersendiri yang sangat dihormati oleh masyarakat itu sendiri. Ada perhiasan yang menunjukkan kasta masyarakat yang menggunakannya, ada pula perhiasan yang mengandung nilai magis serta menjadi perantara antara pemakainya dan sang pencipta.

Menurut para budayawan, dilihat dari kemiripan desain perhiasan-perhiasan kuno tersebut maka Indonesia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Indonesia bagian barat, Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian timur. Setiap bagian terkenal dengan perhiasan masing-masing, sama-sama indah, sama-sama mengandung filosofi tinggi dan tak hanya dikenakan sebagai perhiasan saja, namun sebagai identitas dari suku mereka.

Berikut adalah beberapa filosofi perhiasan tradisional Indonesia dari masing-masing bagiannya.

1. Indonesia bagian barat, diwakili oleh perhiasan dari masyarakat Sumatera. Ciri khas masyarakat peranakan dan menunjukkan keberagaman yang berbaur satu dalam Indonesia.

2. Indonesia bagian tengah, diwakili oleh perhiasan dari masyarakat Nusa Tenggara Timur. Merupakan perhiasan yang bermakna angan-angan seseorang, dimana biasanya masyarakat NTT menggunakan perhiasan tersebut saat mereka akan memanjatkan doa, sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan yang kuasa. Jika tak digunakan perhiasan tersebut akan digantungkan di bagian bawah atap rumah mereka.

3. Indonesia bagian timur, diwakili oleh perhiasan dari masyarakat Maluku Tenggara dan Timor. Mewakili kebebasan jiwa serta keberhasilan dalam meraih prestasi dalam hidup, mengenakan perhiasan ini merupakan sebuah kebanggaan.

Ketika tempo dulu perhiasan tersebut hanya digunakan dalam momentum tertentu, sekarang masyarakat bisa mengenakannya dalam berbagai kesempatan, karena desain perhiasan klasik tersebut didesain ulang dengan napas modern, tanpa menghilangkan esensi nya tentu saja.

Hadir dalam seri perhiasan Nusantara, seri Nusa, seri Anta dan seri Tara, khusus untuk anda yang ingin menghidupkan kembali keelokan perhiasan tradisional Nusantara dalam era modern ini. Temukan seri Nusantara lengkap di website The Palace Jeweler.