Berikut 5 Tips Agar Keuangan Anda Kembali Pulih Dengan Segera!

0
1860
Kartu Kredit
Kartu Kredit

Sudah hampir sebulan lebaran kita lewati, namun ternyata keuangan Anda masih belum stabil akibat pengeluaran yang banyak bahkan penggunaan kartu kredit yang tak terbendung. Dengan datangnya hari bahagia tersebut, membuat orang banyak terlena dengan berbagai penawaran yang disediakan. Entah karena membeli baju lebaran yang banyak diskon, ataupun mempersiapkan mudik dengan menggunakan kartu kredit.Semuanya membuat Anda lupa bahwa masih ada bulan-bulan berikutnya. 

Nah, jika sudah terlanjur banyak pengeluaran, maka kini saatnya Anda untuk memulihkan kembali kondisi finansial secara cepat, caranya bagaimana? berikut bank Sinarmas akan membagikan tipsnya hanya untuk Anda, antara lain: 

1. Mengatur ulang cashflow Anda 

Berkat adanya banyak pengeluaran yang bisa dibilang dadakan saat lebaran, maka mengakibatkan arus kas keuangan Anda menjadi tidak normal. Dan untuk memulihkannya kembali Anda harus merencanakan ulang anggaran minimal untuk tiga bulan kedepan. Yang paling penting, Anda harus merinci setiap kebutuhan, dan tagihan bulanan, serta membagi pemasukan Anda untuk ditabung. 

2. Melakukan pengecekan ulang terhadap tagihan dan hutang 

Mengingat banyaknya kebutuhan saat lebaran kemarin, maka simpanan di dompet Anda pun menjadi terkuras hingga akhir bulan, atau bahkan secara tiba-tiba penggunaan kartu kredit Anda akan menjadi membengkak. Cobalah untuk mengingat, mengecek kembali, dan kemudian merinci setiap hutang dan tagihan yang ada, agar Anda bisa menyisihkan pendapatan untuk menyicilnya secara satu persatu. 

3. Mulai mengirit pengeluaran harian 

Selama bulan puasa dan bahkan di saat lebaran, pengeluaran Anda menjadi lebih banyak dari bulan-bulan lainnya. Pola konsumtif selama 1 bulan tersebut harus Anda ganti dengan cara mengirit selama bulan berikutnya. Bila selama bulan puasa Anda terlalu mudah mengeluarkan uang untuk belanja, maka sekarang saatnya untuk mengiritkan. Dan jika selama puasa Anda terlalu banyak ikut buka bersama, maka saatnya kini melakukan pengiritan untuk biaya makan dan lain sebagainya. 

4. Sudah saatnya Anda stop berbelanja konsumtif 

Jika Anda sudah menghabiskan banyak uang untuk berbelanja saat momen lebaran, maka sekarang saatnya untuk menghentikan semua dan kembali mengirit belanja Anda. Cobalah untuk berbelanja hal-hal yang lebih produktif seperti misalnya investasi dan lain sebagainya. 

5. Mulai menyisihkan dana untuk tabungan dan investasi 

Jika sudah mengikuti beberapa tips diatas untuk mengembalikan kondisi finansial Anda, maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk dialihkan sebagai tabungan ataupun untuk berinvestasi. Dengan begini, Anda pun bisa merasakan kondisi finansial yang kembali normal sekaligus memberikan jaminan keuangan untuk beberapa bulan kedepan. 

Efek dari pengeluaran keuangan yang berlebih baik itu secara cash, maupun menggunakan kartu kredit memang membuat Anda merasa stres. Namun dengan mengatur keuangan secara terperinci mengikuti beberapa tips diatas, maka dijamin keuangan Anda akan kembali pulih kembali.

Demikianlah artikel singkat diatas, semoga dapat membantu Anda dalam menyiasati keuangan yang lebih baik lagi. Untuk mendapatkan informasi lebih terperinci seputar penggunaan kartu kredit yang bijak maka Anda bisa langsung mengunjungi  bank Sinarmas terdekat atau bisa langsung mengunjungi situs web di www.banksinarmas.com.