2 Daerah Penghasil Diamond Nusantara Di Indonesia

0
1421
diamond nusantara
diamond nusantara

Diamond Nusantara –  Berlian sudah terkenal dengan keindahan, keanggunan, serta harganya yang cukup tinggi di dunia khususnya bagi dunia barat. Maka tak heran jika banyak yang menyangka bahwa berlian hanya ditemukan di daerah barat saja.

Padahal faktanya, di Indonesia sendiri telah memiliki setidaknya 2 tambang berlian terbaik. Kedua daerah tersebut dikenal sebagai penghasil berlian terbaik di Asia, bahkan mungkin dunia. dengan adanya daerah pertambangan berlian tersebut, maka banyak yang menyebutnya sebagai berlian nusantara, atau diamond nusantara.

Bagi Anda yang belum tahu, wilayah yang paling banyak penghasil berliannya berada di pulau Kalimantan. Sejak ditemukan pertama kali, proses pertambangan berlian masih dilakukan hingga sekarang dan telah banyak menghasilkan berlian dengan kuantitas serta kualitas tinggi yang tak kalah dengan berlian barat.

Dan untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah  ulasan mengenai dua daerah penghasil berlian di Indonesia tersebut. Antara lain:

1. Wilayah Martapura, Kalimantan Selatan 

Yang pertama adalah daerah Martapura yang berada di wilayah provinsi Kalimantan Selatan. Martapura sejak dulu sudah dikenal sebagai penghasil berlian yang paling besar di Indonesia. Bahkan hasil tambang berlian tersebut mampu di ekspor ke luar negeri. Jadi jangan heran jika banyak orang luar negeri yang mengenal berlian Indonesia atau diamond Nusantara ini. 

2. Daerah-daerah di Kalimantan Utara 

Meskipun tidak sebesar Martapura, namun beberapa daerah di Kalimantan Utara ini juga dikenal sebagai penghasil berlian terbaik di Indonesia. Sama hal nya dengan Martapura, hasil tambang dari beberapa wilayah di daerah Kalimantan Utara ini juga di ekspor ke luar negeri. Yang membedakannya dengan Martapura hanyalah hasil tambang pertahunnya yang lebih banyak didapati di Kalimantan Selatan ketimbang Kalimantan Utara. 

Meskipun sebagai diamond Nusantara yang dikenal di seluruh dunia, sayangnya hampir 90 persen pengelolaan produksi perhiasan berlian di lakukan di India yang kemudian di sebar ke seluruh dunia. 

Jadi, mulai dari sekarang jangan pernah menganggap bahwa berlian terbaik hanya berasal dari Eropa ataupun Amerika Serikat saja. Padahal, di negara sendiri kita memiliki tambang berlian yang cukup besar dan dengan hasilnya yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar Internasional.