Digital Banking Aplikasi Keuangan Jenius

0
93

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini perkembangan teknologi internet begitu berkembang dengan pesatnya. Fenomena tersebut sangat membantu manusia untuk melakukan banyak pekerjaan dengan sangat mudah dan praktis. Seperti halnya yang terjadi dalam bidang perbankan. Ya, kemajuan teknologi internet seyogyanya bisa digunakan untuk mempermudah berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan perbankan, salah satunya adalah digital banking.

Digital banking yaitu layanan / kegiatan perbankan melalui kantor bank dengan mempergunakan sarana elektronik / digital milik bank dan / atau melalui media digital yang dilakukan secara mandiri oleh nasabah yang memungkinkan calon nasabah dan / atau nasabah bank memperoleh informasi, melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan dan penutupan rekening.

aplikasi keuangan Jenius
aplikasi keuangan Jenius

Termasuk memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan, antara lain financial advisory (saran dan pendapat keuangan), investasi, transaksi e-commerce dan kebutuhan lainnya. Saat ini, banyak sekali lembaga perbankan ternama yang sudah menggunakan sistem digital banking tersebut untuk mempermudah para nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi perbankan.

Salah satu lembaga perbankan yang sudah menggunakan sistem digital banking tersebut adalah BTPN yaitu dengan diluncurkannya aplikasi keuangan Jenius. Ya, aplikasi keuangan Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengelola keuangan dari ponsel, baik ponsel berbasis Android maupun iOS.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) pada 11 Agustus 2016, setelah menjalani masa pengembangan selama 18 bulan dengan total nilai investasi Rp 500 miliar. Ada beberapa keunggulan dari aplikasi keuangan Jenius yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Efisiensi bisnis. Platform digital tidak hanya memperbaiki interaksi antara Bank dengan Anda, namun juga menyediakan metode untuk membuat fungsi internal lebih efisien. 
  2. Penghematan biaya. Salah satu kunci bagi bank untuk memotong biaya adalah aplikasi otomatis yang menggantikan tenaga kerja manual yang berlebihan.
  3. Akurasi yang meningkat. Dengan menyederhanakan proses verifikasi, maka akan lebih mudah menerapkan solusi TI dengan perangkat lunak bisnis, yang menghasilkan akuntansi yang lebih akurat.
  4. Fleksibilitas yang lebih tinggi. Penggunaan sistem yang otomatis dapat mempercepat proses eksternal dan internal, yang keduanya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. 
  5. Keamanan yang disempurnakan. Semua bisnis besar atau kecil menghadapi semakin banyak ancaman cyber yang dapat merusak reputasi. Bank bisa mendapatkan keuntungan dari lapisan keamanan ekstra untuk melindungi data.