Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Ibu Menyusui

0
209
sari kurma untuk ibu menyusui
sari kurma untuk ibu menyusui

Seorang ibu tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi sang buah hati, termasuk asupan yang baik dan sehat. Tak heran banyak ibu yang mencari solusi ketika ASI dirasa kurang lancar, mengabaikan rasa lelah karena kurang tidur sambil mengerjakan tugas rumah. Mengkonsumsi sari kurma untuk ibu menyusui bisa jadi pilihan Moms yang ingin memaksimalkan pemberian ASI. 

Buah kurma biasanya di Indonesia sendiri baru ramai dicari pembeli pada saat bulan Ramadhan saja, sebagai makanan kala berbuka puasa. Padahal seharusnya kurma dikonsumsi setiap hari. Sebab memiliki banyak sekali manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh. Tak hanya anak-anak, ibu hamil dan menyusui, sampai dengan lanjut usia pun bisa.

sari kurma untuk ibu menyusui
sari kurma untuk ibu menyusui

Berikut ini beberapa manfaat sari kurma untuk ibu menyusui yang penting untuk diketahui Moms:

1. Meningkatkan Energi Saat Menyusui 

Kurma memiliki kandungan gula alami seperti fruktosa, sukrosa, dan glukosa yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Sehingga jauh lebih sehat, bahkan aman bagi para penderita diabetes. Kurma ini bisa menjadi energi tambahan untuk Moms menyusui dan juga melakukan aktivitas rumah lainnya dengan baik. 

2. Meningkatkan Produksi ASI Dalam Tubuh 

Produksi ASI dipengaruhi oleh asupan gizi dalam makanan dan kondisi psikis dari Moms. Oleh karena itu usahakan untuk jaga pikiran ibu tetap sehat dan bahagia, yakinlah bahwa tubuh mampu memberikan ASI yang terbaik. Sikap optimis akan mempengaruhi organ tubuh untuk terus memproduksi ASI. Ditambah dengan mengkonsumsi sari kurma, mengandung tryptophan yang memicu tubuh memproduksi serotonin dan prolaktin untuk menunjang produksi ASI lebih lancar. 

3. Meningkatkan Imunitas Ibu 

Kandungan antioksidan pada sari kurma akan meningkatkan imunitas tubuh ibu dalam melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh. Selain itu kurma juga mengandung Flavonoid, Karotenoid, serta Asam Fenolik untuk mengurangi radang, mencegah risiko diabetes, dan meningkatkan kesehatan jantung. Sehingga Moms dapat menjaga kesehatan agar mampu memberikan yang terbaik untuk buah hati. 

4. Bermanfaat Untuk Sistem Pencernaan Tubuh 

Saat hamil dan menyusui, tak jarang Moms mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Nah, buah kurma ini memiliki serat tinggi yang baik untuk sistem pencernaan tubuh dan tetap menjaga kadar gula dalam darah. 

Moms haruslah memperhatikan asupan nutrisi dan gizi makanan agar tetap menjaga kesehatan bayi sekaligus ibunya juga. Serta selalu cukupkan istirahat, sebab menyusui merupakan kegiatan yang menguras tenaga dan tak jarang membuat Moms merasa pegal-pegal. Hal ini bisa disiasati dengan mencari posisi yang nyaman dan aman untuk keduanya. 

Tak masalah jika Moms ikut tidur saat menyusui padahal banyak pekerjaan yang belum diselesaikan. Yang terpenting adalah kesehatan fisik maupun psikis ibu dalam mengatur rumah tangga. Keluarga bahagia dimulai dari seorang ibu yang sehat dan bahagia juga akan ‘menular’ ke seluruh anggota keluarga. Yuk mulai sediakan sari kurma untuk ibu menyusui dan anggota keluarga lainnya agar mendapatkan beragam manfaatnya.