Perhitungan Biaya Bangun Rumah Sederhana

0
119
biaya bangun rumah

Menyiapkan modal untuk membangun rumah tidak perlu menunggu waktu yang lama. Pasalnya kalau kita pintar menyiasatinya maka kita akan mendapatkan biaya bangun rumah yang cukup murah. Dengan begitu, cita-cita anda memiliki rumah bisa diwujudkan.

Cara yang bisa anda lakukan adalah membangun rumah dengan tipe sederhana. Saat ini kita terlalu terpaku pada mindset bahwa membangun rumah harus mengeluarkan angka jutaan bahkan milyaran. Hal itu bisa kita atasi dengan menurunkan indikator mewah.

biaya bangun rumah
Biaya bangun rumah

Karena pikiran orang pasti menyebutkan bahwa dalam sebuah rumah yang mewah biasanya menggunakan material dan fasilitas yang cukup mahal. Dengan lantai marmer, kolam renang dan bahan material premium.

Rumah sederhana ini didefinisikan sebagai rumah yang memiliki ruangan cukup, dimana ruangan tersebut mampu memenuhi segala aktivitas dan kebutuhan keluarga. Rumah sederhana pun tidak mementingkan fasilitas dan material sehingga meningkatkan biaya bangun rumah.

Walaupun kita tidak menggunakan material yang mahal, namun hal itu bukan berarti hunian kita tidak berkualitas. Karena saat ini banyak produk lokal yang harganya murah namun kualitas tetap tinggi.

Pilih Rumah Tipe 36

Rumah tipe 36 adalah solusi dari mahalnya biaya bangun rumah saat ini. Bagi anda yang tinggal di kota Jakarta dan sekitarnya pasti sudah cukup kenal dengan tipe rumah yang satu ini.

Dimana penyusunan rumah ini sangat minimalis. Dalam satu rumah hanya terdapat komposisi dua kamar dan satu kamar tidur. Cocok untuk pasutri baru yang ingin punya rumah.

Biaya bangun rumah per meter persegi

Untuk biaya pembangunan rumah tipe 36 ini sangat bervariasi. Berdasarkan survei lapangan pada tahun 2020, harganya mulai dari Rp. 350 juta sampai Rp. 500 juta. Harga seperti itu tergantung dari segi lokasi, desain dan material yang dipakai.

Misalnya saja untuk membeli material semen, merek Semen Tiga Roda bisa jadi pilihan anda. Karena selain berkualitas, semen tiga roda memiliki harga yang bersahabat. Cocok untuk mengokohkan dinding bangunan rumah anda.

Sementara itu, ketika kita hendak membangun rumah per meter persegi, harga perannya sangat variatif. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis serta kompleksitas rumah yang hendak dibangun.

Misalnya saja untuk harga borongan rumah dalam biaya per meter persegi dihargai mulai dari Rp. 3. 000.000 sampai dengan Rp.10.000.000. Kembali kepada anda dalam menentukan biaya tersebut. Karena pilihan anda sangat menentukan harga tersebut.