Tips Manajemen Waktu Bagi yang Ingin Kerja Sambil Kuliah

0
77
kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yang melakukan pekerjaan paruh waktu. Beberapa di antaranya adalah memiliki banyak relasi, menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tangguh, mempunyai banyak pengalaman, dan pandai membagi waktu. Namun, masih banyak yang bingung cara membagi waktu dengan baik pada awal periode kerja sambil kuliah.

Jika ingin segera mendapatkan pekerjaan dengan cepat, kemampuan yang dimiliki harus diasah sejak berada di bangku kuliah. Sebab jika lulus hanya mengandalkan nilai saja, sepertinya kurang menjadi sesuatu yang bisa dipertimbangkan industri. Oleh karena itu, mengambil pekerjaan paruh waktu di saat kuliah bisa menjadi salah satu bekal yang mendukung.

Tips Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa yang Bekerja Paruh Waktu

kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

Banyak yang merasa tidak sanggup melakukan pekerjaan ketika masih kuliah, rata-rata beralasan bahwa sulitnya membagi waktu membuat kuliah menjadi semakin keteteran. Dengan kata lain, penyebabnya adalah ada di masalah pembagian waktu yang kurang cermat. Berikut adalah tips membagi waktu bagi Kamu yangsedang atau ingin kuliah sambil bekerja.

Hindari Menunda Pekerjaan

Ketika sudah memutuskan untuk melakukan pekerjaan paruh waktu sambil kuliah, maka harus benar-benar serius dalam menerapkan keduanya. Tidak boleh ada yang keteteran baik itu urusan pekerjaan maupun urusan kuliah. Tugas-tugas juga harus diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Mulai siapkan catatan kecil khusus untuk tugas-tugas yang harus dilaksanakan. Hindari menunda karena hanya akan menyebabkan pekerjaan semakin menumpuk dan akhirnya tidak selesai tepat waktu. Mumpung masih muda, gunakan energi untuk mengasah kemampuan demi bekal masa depan.

Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Selama pekerjaan yang diambil masih bisa dikerjakan dan tidak akan mengganggu kuliah, lebih baik jangan disia-siakan. Apalagi jika pekerjaan paruh waktu yang dijalani sejalur dengan jurusan kuliah yang diambil, hal ini pasti akan semakin meningkatkan kemampuan diri.

Harus selalu diingat, bahwa ada saatnya tubuh merasa lelah sehingga harus diistirahatkan. Jangan sampau teledor dan terlalu memaksakan diri, sebab dampak buruknya juga hanya akan merugikan diri sendiri.

Mencari Atasan yang Bersedia Memberi Pengertian

Dalam hal mencari atasan juga sangat perlu diperhatikan, sebab banyak bos di luar sana yang tidak mau tahu mengenai urusan pribadi pegawainya. Apalagi jika ternyata pegawainya adalah seorang mahasiswa, bisa-bisa diberi tugas lembur sampai tidak ada waktu mengerjakan tugas kuliah.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk bergabung dalam sebuah pekerjaan, bicarakan terlebih dahulu dengan atasan bahwa Kamu adalah mahasiswa yang ingin melakukan pekerjaan paruh waktu.

Memprioritaskan Kuliah

Jangan lupa untuk tetap memprioritaskan kuliah,supaya cepat selesai lulus dan segera mendapatkan gelar yang diinginkan. Intinya tidak boleh sampai putus kuliah di tengah jalan, sebab tujuan awal memang ingin menyelesaikan studi lalu mencari pekerjaan.

Kerja Paruh Waktu dan Kuliah di IDS Design College

Sebagai salah satu kampus terbaik dengan kurikulum yang sudah bertaraf internasional, IDS Design College merupakan kampus yang membekali mahasiswa dengan kemampuan di bidang tekologi untuk bisa bergabung dalam dunia korporasi ataupun startup.

Bahkan kampus mendukung perkembangan mahasiswanya yang ingin kerja sambil kuliah demi menambah pengalaman dan wawasan. Kampus yang fokus untuk mencetak lulusan unggul di bidang IT ini menyiapkan para generasi muda yang kompetitif dan dibutuhkan oleh industri.