Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pinjaman Dana KTA

0
207
Pinjaman Dana
Pinjaman Dana

Setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing, memiliki kemampuan finansialnya masing-masing, dan tentu saja semuanya memiliki jalannya sendiri dalam hal memenuhi kebutuhan. Namun, kadang kala ada saja kejadian yang membuat seseorang mengharuskan memiliki dana cadangan atau mengajukan pinjaman dana.

Kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi, misalnya seperti saat sedang dalam melakukan suatu pekerjaan tiba-tiba laptop yang digunakan rusak tiba-tiba dan harus segera ada penggantinya untuk menunjang pekerjaan tersebut. Apabila kamu tidak memiliki dana cadangan untuk mengatasi hal ini. Tentu saja yang harus kamu lakukan adalah dengan mengajukan pinjaman dana kepada pihak mana pun yang dapat memberikan pinjaman dana.

Nah, dari berbagai macam produk pinjaman yang ada, mungkin kamu bisa mencoba untuk mengajukan pinjaman KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang memiliki berbagai macam keuntungan. Salah satunya adalah kamu tidak perlu memberikan jaminan kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya saat mengajukan pinjaman dana.

Umumnya bank atau lembaga keuangan yang menyediakan layanan ini menghabiskna proses verifikasi hingga proses pencairan dana minimal selama 3 hari sampai 5 hari kerja, maksimal 14 hari sampai 21 hari kerja. Jangka waktu yang diberikan untuk pembayaran atau tenor, biasanya bank memberikan waktu selama 3 tahun hingga 5 tahun lamanya.

KTA juga memiliki batas plafon kredit yang berbeda dengan produk pinjaman lainnya, terutama dengan produk pinjaman yang mengharuskan memberikan jaminan. Biasanya bank memberikan atau menawarkan plafon pinjaman KTA mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 300 juta.

Namun, sepertinya banyak yang belum mengetahui berbagai macam hal tentang Kredit Tanpa Agunan seperti manfaat yang didapat, persyaratannya, dan lain hal sebagainya yang berkaitan dengan KTA. Maka, berikut inilah hal yang perlu kamu ketahui tentang Kredit Tanpa Agunan.

Pinjaman Dana
Pinjaman Dana

Manfaat KTA

Pada dasarnya Kredit Tanpa Agunan ini merupakan masuk ke dalam salah satu kategori kredit konsumtif. Maka dari itu debitur dapat menggunakan uang dari pinjaman dana ini untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan, misalnya seperti biaya pendidikan, renovasi rumah, atau modal usaha sekalipun. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan kredit untuk kebutuhan lainnya seperti KPR, KKB, kartu kredit, atau biaya lainnya untuk menunjang kehidupan.

Persyaratan

Syarat pertama yang harus kamu penuhi sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan adalah kamu harus lah seorang warga negara Indonesia (WNI) dan berusia minimal 21 tahun dan maksimal usia pengajuan yaitu berusia 55 tahun. Selain itu, kamu harus memiliki penghasilan tetap minimal sebesar Rp 2,5 juta per bulannya. Penetapan minimal penghasilan ini dapat berubah jika domisili kamu bukan di Jabodetabek.

Suku Bunga

Bunga yang ditawarkan pun beragam dari masing-masing bank atau lembaga keuangan. Tapi, umumnya untuk pinjaman KTA akan dikenakan bunga sebesar 10% hingga angka 23%. Suku bunga dalam KTA dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Suku bunga flat

Kredit bunga flat atau tetap yang merupakan plafon kredit dan besarnya bunga yang akan dihitung sesuai dengan jangka waktu kreditnya. Nilai bunga akan sama setiap bulannya, sesuai dengan hitungan dari persentase bunga yang dikalikan pokok pinjaman awal.

  • Suku bunga efektif

Bunga kredit yang dihitung berdasar saldo terakhir tiap bulannya. Jadi, bunga yang dibebankan berdasar nilai pokok yang belum dibayar. Maka dari itu bunga setiap bulannya akan berubah-ubah berdasar nilai pokok yang masih menjadi hutang. Nilai bunga yang dibayar oleh debitur setiap bulannya akan mengecil.

Meta Description

Judul : Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pinjaman Dana KTA

Deskripsi :