Cara Top Up EMoney dan Tips Aman Menggunakannya

0
143
cara top up emoney
cara top up emoney

Sistem pembayaran cashless saat ini menjadi salah satu sistem pembayaran yang paling banyak dipilih masyarakat. Selain memang disarankan oleh pemerintah, sistem pembayaran cashless juga jauh lebih mudah dan praktis. Alat pembayaran cashless yang paling populer dan banyak digunakan adalah e-money atau uang elektronik. Bank Sinarmas menghadirkan layanan e-money yang disebut Simas E-Money. Dengan e-money tersebut maka Anda bisa berbelanja tanpa perlu membawa uang cash.  

Namun sebelum menggunakan e-money untuk berbelanja, Anda harus memastikan bahwa saldo yang ada di dalamnya cukup. Pasalnya jika tidak ada saldo maka otomatis Anda tidak bisa menggunakannya untuk berbelanja. Selain mengetahui cara top up emoney dan mengisi saldo, Anda juga perlu tahu tips aman menggunakan e-money.

Cara Top Up Simas E-Money

Beberapa cara top up yang bisa Anda ikuti yaitu sebagai berikut:

cara top up emoney
cara top up emoney

1.Internet banking, mobile banking dan ATM

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan internet banking, mobile banking dan ATM. Transfer langsung ke rekening Bank Sinarmas dengan nomor 8222 + nomor yang Anda daftarkan. Selain itu, ada cara lainnya yang lebih praktis yaitu melalui menu khusus transfer ke layanan Simas E-Money dan memasukkan nomor yang Anda daftarkan.

2. Bank lain

Jika mengalami kesulitan top up menggunakan channel Bank Sinarmas, Anda bisa menggunakan channel bank lain yaitu jaringan PRIMA, ATM Bersama dan ALTO. Caranya yaitu transfer ke bank dengan kode bank 153 + 8222 + nomor yang Anda daftarkan.

3. Gerai Alfamart

Cara top up emoney paling mudah yaitu melalui gerai Alfamart. Langsung datangi kasir dari beritahu mereka bahwa Anda ingin top up. Kasir akan meminta nomor yang Anda daftarkan untuk mengisi saldo. Untuk cara ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar RP1.500 per satu kali transaksi.

Tips Aman Menggunakan E-Money untuk Transaksi

Seiring berkembangnya teknologi, celah tindak kejahatan juga selalu dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab. Anda harus bertransaksi dengan aman sehingga uang yang telah Anda top up ke e-money tidak hilang begitu saja. Berikut adalah tips aman yang bisa Anda ikuti:

1. Isi saldo secukupnya

Beberapa orang yang ketergantungan dengan uang elektronik terkadang mengisi saldo dalam jumlah yang besar, bahkan hingga limit. Namun sayangnya Anda tidak disarankan untuk mengisi saldo terlalu banyak agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan seperti skimming dan lain sebagainya. Sebaiknya isi saldo secukupnya saja, jika saldo habis Anda bisa mengisinya kembali.

2. Jangan berikan informasi penting ke siapa pun

Pelaku kejahatan cyber semakin pintar saja. Mereka memiliki banyak modus untuk mencuri uang milik Anda. Oleh sebab itu, Anda diharuskan untuk sangat berhati-hati dalam bertransaksi. Jangan memberikan informasi yang sifatnya penting seperti PIN, password ataupun kode OTP kepada siapa pun. Karena informasi penting itulah yang akan dimanfaatkan untuk mencuri uang Anda.

3. Cek saldo secara berkala

Tips aman bertransaksi dengan e-money yang terakhir adalah dengan mengecek saldo secara berkala. Apabila Anda memiliki aplikasi e-money melalui ponsel maka lakukan pengecek setiap hari. Langsung laporkan pada pihak penerbit e-money apabila ada transaksi yang mencurigakan.

Itulah pembahasan mengenai cara top up emoney serta tips aman menggunakannya. Gunakan Simas E-Money untuk berbagai transaksi menguntungkan dan memudahkan seperti belanja dengan scan QRIS, tarik tunai, top up saldo, serta bayar tagihan bulanan. Lebih lengkap mengenai Simas E-Money bisa Anda lihat pada website Bank Sinarmas di banksinarmas.com.