Cincin Wanita
Cincin Wanita

Sebelum membeli sebuah perhiasan khususnya perhiasan berlian, Anda perlu memperhatikan banyak hal untuk mendapatkan perhiasan berlian yang berkualitas dan terbaik. Seperti salah satu contohnya ketika Anda akan membeli cincin wanita yang terbuat dari berlian.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli cincin berlian yaitu kualitasnya. Pastikan Anda memilih cincin berlian berdasarkan kualitas terbaik agar tidak rugi dan kecewa. Anda dapat menentukan kualitas cincin berlian terbaik dengan berdasarkan 4C.

Apa itu 4C? 4C merupakan sebuah sebutan kriteria yang dimiliki berlian asli dan kriteria tersebutlah yang menentukan berlian tersebut berkualitas ataupun tidak. Nah, untuk mengetahui apa saja 4C itu, mari simak penjelasan berikut ini.

Clarity (Kejernihan)

Salah satu hal yang menandakan bahwa cincin berlian yang Anda miliki asli atau tidak yaitu dengan melihat tingkat kejernihannya. Tingkat kejernihan sebuah cincin berlian dapat ditentukan dengan adanya kecacatan atau tidak pada berlian tersebut.

Tak hanya itu saja, cincin berlian yang asli dan berkualitas harus bebas dari goresan maupun noda yang sulit hilang. Semakin banyak noda dan cacat berlian tersebut maka semakin rendah harga dari berlian tersebut. Sebaliknya, semakin sempurna kejernihannya maka semakin mahal pula harga berlian tersebut.

Cincin Wanita

Cut (Potongan)

Cut atau potongan dari berlian itu sendiri akan menentukan tingkat kualitas dari cincin berlian tersebut. Dimana potongan berlian tersebut menentukan pantulan sinar yang dihasilkan dari berlian itu sendiri. Cincin yang memiliki potongan berlian terbaik dapat Anda lihat dari bagian atas berlian tersebut apakah berbentuk kotak, bundar, oval atau lain sebagainya.

Beberapa skala potongan berlian antara lain fair, good, very good, ideal, dan juga signature ideal. Perlu Anda ketahui bahwa potongan berlian yang tidak proporsional akan membuat perhiasan berlian tersebut sangat polos antara tidak kusam dan juga tidak cemerlang. Maka dari itu, semakin proporsional potongan dari cincin berlian, maka semakin tinggi juga harga yang ditawarkan.

Color (Warna)

Ketika akan membeli cincin berlian wanita, Anda juga perlu memperhatikan warna dari berlian tersebut. Dimana berlian asli dan berkualitas tidak memiliki warna sama sekali. Warna pada berlian asli biasanya muncul karena beberapa hal seperti terkena radiasi, tekanan tinggi, adanya suhu tinggi, dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui, warna dari berlian akan sangat bervariasi mulai dari warna putih hingga warna kuning. Terdapat skala dari warna berlian mulai dari skala D-Z. Bahkan skala tersebut akan menentukan bagaimana kualitas dan harga dari suatu berlian. Skala D merupakan skala dimana berlian memiliki warna yang sangat buruk dan berkualitas, sedangkan skala Z memiliki arti bahwa kualitas suatu berlian sangat buruk.

Carat (Karat)

Berat dan kualitas suatu berlian dapat dilihat dari besar karat cincin berlian tersebut. Dimana satu karat berlian akan setara dengan 200 gram. Anda direkomendasikan untuk membeli cincin berlian yang memiliki berat kelipatan 0,25 gram yang akan mempengaruhi harga dari cincin berlian tersebut. Semakin besar karat yang dipilih oleh Anda, maka semakin berkualitas pula kemurnian dari berlian tersebut sehingga membuat harga cincin berlian tersebut semakin mahal.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan khususnya ketika akan membeli cincin wanita dari berlian. Dengan begitu Anda tidak akan tertipu dengan berlian palsu yang dijual sama seperti aslinya. Untuk lebih mudah mendapatkan cincin berlian asli, pastikan Anda membelinya di The Palace Jeweler yang menyediakan berbagai jenis dan model cincin wanita terbaik serta terjamin keasliannya.

By Bisnis