Buah Tangan dari Palembang

0
316
Buah Tangan dari Palembang
Buah Tangan dari Palembang

Palembang adalah ibu kota dari Sumatera Selatan. Luas dari kota ini yaitu sekitar 358,55 km persegi. Palembang juga terkenal dengan kerajinan kain tenun songket. Di kota Palembang terdapat banyak sekali tempat pariwisata diantaranya anda bisa mengunjungi Sungai Musi, kemudian anda bisa berkunjung ke Jembatan Ampera, selanjutnya anda bisa berwisata religi di Mesid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, anda juga bisa berkunjung ke Benteng Kuto Besak, kemudian Anda bisa ke Gedung walikota, selanjutnya anda bisa pergi Kambang Iwak Family Park, selanjutnya anda bisa menghirup udara segar di Hutan Wisata Punti Kayu, dan tempat wisata lainnya.

Ketika anda sedang berkunjung di Palembang, anda bisa membawa buah tangan untuk keluarga anda dirumah. Anda bisa membawa buah tangan berupa:

  • Pempek Palembang

Makanan yang terbuat dari bahan ikan ini sangat terkenal, anda bisa memilih pempek kulit, pempek keriting, pempek lenjer, pempek pstel, pempek telur, dan pempek adaan. Pempek di sajikan dengan kuah cuko yang pedas. Harga satuan dari pempek ini yaitu Rp. 1.500. Anda bisa membawa makanan yang satu ini sebagai buah tangan untuk keluarga anda.

  • Kain Songket Palembang

Kain tenun tradisional khas ini memiliki banyak motifnya. Selain itu juga kain ini terbuat dari benang berwarna emas, perak ataupun warna lainnya. Motif-motif tersebut memiliki makna. Warna dari kain songket Palembang beraneka warna. Anda bisa mendapatkan kain ini dengan dari harga Rp. 1 jutaan sampai dengan Rp 4 jutaan. Anda bisa membelinya di toko –toko souvenir di Palembang ataupun anda bisa mengunjungi alamat website kainsongket.com. Disini tersedia banyak sekali jenis kain tradisional dari berbagai daerah termasuk kain tradisional dari Palembang.

  • Kerupuk Palembang

Kerupuk Palembang terbuat dari ikan tenggiri. Kerupuk ini sangat enak, gurih dan renyah, anda bisa menjadikan makanan ini sebagai buah tangan bagi keluarga anda yang tidak sempat datang ke Palembang. Harga dari kerupuk Palembang mulai dari Rp. 20 ribu per kilonya sampai ada yang harganya Rp. 75 ribu per kilonya.

  • Lakso

Lakso adalah makanan yang terbuat dari ikan gabus. Makanan ini hampir sama seperti pempek, bentuk dari Lakso yaitu dipress menggunakan mesin pembuat mie. Akan tetapi Lakso tidak digoreng lagi, selain itu juga kuah Lakso berbeda dengan kuah pempek. Kuah Lakso terbuat dari santan, lengkuas, kencur ketumbar. Kuah Lakso seperti kuah soto. Harga dari lakso Rp 15.000 per porsinya. Anda bisa membawa makanan ini sebagai buah tangan atau oleh-oleh dari Palembang.

  • Kaos Nyenyes

Kaos Nyenyes adalah kaos yang dibuat oleh merek Nyenyes yaitu merek yang berasal dari kota Palembang. Kais ini dibuat oleh para designer kreatif. Mereka mendesign kaos dengan memparodikan budaya dan kearifan lokal dari kota Palembang. Kaos ini dibuat dengan mengunakan bahasa Palembang.  Kaos ini bisa menjadi salah satu pilihan buah tangan dari Palembang. Harga dari Kaos Nyenyes ini yaitu mulai dari harga Rp. 90 ribuan samapi dengan Rp. 100 ribuan.