Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

0
192
Kesehatan Ibu hamil
Kesehatan Ibu hamil

Olahraga akan mendatangkan manfaat yang sangat besar bagi siapa saja yang melakukannya tak terkecuali bagi wanita yang sedang mengandung atau Ibu hamil, namun melakukan berbagai macam jenis olahraga tentu harus disesuaikan dengan porsi dan kebutuhannya, dan jangan sampai berlebihan. Kesehatan Ibu hamil dapat ditunjang pula melalui jenis olahraga yang cocok dan sesuai dengan usia kandungan,  masa kehamilan membuat organ-organ tubuh menjadi bekerja dua kali dengan menopang kehamilan, sehingga olahraga untuk menjaga stamina bagi Ibu hamil sangat dianjurkan. Jika kegiatan seperti olahraga dihindari oleh para wanita hamil, maka rasa lelah, sering sakit pinggang, mudah terkena sakit kepala dan lainnya akan dirasakan, oleh karenanya berikut kami paparkan jenis-jenis olahraga untuk menjaga kesehatan anda yang sedang mengandung.

  1. Jalan santai

Jalan kaki secara ringan atau yang biasa disebut dengan jalan santai merupakan olahraga yang cocok untuk Ibu hamil, karena jalan kaki dapat melancarkan peredaran darah dan membuat wanita hamil lebih fresh. Jalan santai untuk Ibu hamil bisa dilakukan kapan saja, di mana saja sampai akhir masa kehamilan, hal tersebut juga baik untuk melancarkan proses saat persalinan. Namun ada baiknya ada mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk melakukannya, seperti saat pagi hari ketika matahari belum terlalu panas merupakan waktu yang cocok untuk jalan santai, dan jangan lupa untuk selalu banyak meminum air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

 

  1. Olahraga yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang dapat menjaga kesehatan Ibu hamil, selain itu yoga juga menjadi trend di kalangan wanita hamil, banyak kelas-kelas yoga yang di dalamnya berisi para Ibu hamil. Kelebihan dari yoga itu sendiri dapat melatih pernapasan, mengurangi rasa takut dan relaksasi yang sangat dibutuhkan oleh para Ibu hamil saat menjelang persalinan.

  1. Berenang

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang adalah salah satu jenis olahraga terbaik bagi Ibu hamil, karena dapat melatih otot-otot besar ( kaki dan tangan ), selain itu kinerja kerja jantung serta mempermudah menurunkan berat badan bagi Ibu hamil yang over weight. Akan tetapi yang perlu diingat adalah setiap 15 menit sekali jangan lupa untuk tetap minum satu gelas air, dan berenang hanya selama 30 menit sehari.

Selain ketiga jenis olahraga di atas, melatih peregangan juga senam hamil akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta stamina yang akan berpengaruh pada fisik dan psikis Ibu hamil, baik saat usia kehamilan ataupun menjelang persalinan, sehingga kesehatan Ibu hamil pun tetap terjaga dengan baik.