Ajarkan Anak Berbicara Dengan Kasih Sayang

0
80
cara mengajari anak bicara
cara mengajari anak bicara

Berbicara adalah salah satu tanda manusia sebagai makhluk sempurna. Inilah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah diberikan kepada manusia sehingga manusia bisa menjalankan hidup dan kehidupannya secara normal. Kehidupan ini hakikatnya adalah komunikasi, manusia sebagai makhluk sosial benar-benar terikat terhadap manusia lainnya. Komunikasi merupakan jembatan kebutuhan manusia ketika membutuhkan orang lain. Komunikasi ini hidup karena sudah terkuasainya bahasa pada seseorang. Dengan bahasa inilah manusia bisa bertahan dan mengekspresikan apa yang ia kehendakinya. Sebagai alat komunikasi, bahasa dimiliki setiap manusia. Namun, karena kebesaran Tuhan, bahasa ini berbeda-beda. Setiap bangsa memiliki bahasa yang beranekaragam, tetapi sejatinya bahasa adalah alat komunikasi antar manusia.

Ketika terbesit bagaimana orang bisa berbicara berarti secara tidak langsung mengajak kita untuk flashback ke periode manusia menjadi bayi hingga anak. Inilah proses krusial pemerolehan bahasa. Bahasa pada periode ini diperoleh karena ujaran-ujaran orang tuanya dan orang lain di sekeliling orang tersebut. Otak bayi pun meresponnya dengan menyerap beberapa simbol-simbol bahasa kata dan partikel lainnya. Hasil rekaman otomatis otak manusia inilah yang menjadi bekal sang bayi ketika tumbuh kembang sedikit demi sedikit bisa berbicara.

Dalam proses ini, penting sekali peran sang ibu untuk mengarahkan proses berbicara ini secara benar. Oleh karena itu, mengetahui cara mengajari anak bicara sejak bayi merupakan bagian tak terpisahkan dari proses parenting. Menjaga setiap kata-kata yang keluar dari mulut orang tua sangat penting dalam mengiringi tumbuh kembang anak, karena ketika sang anak disuguhkan kata-kata yang dianggap kurang baik maka kelak ia pun dipandang bukan orang baik oleh kawan-kawannya. Agar proses parenting ini berjalan cukup efektif, makanan tambahan pun diperlukan bagi anak. Susu formula seperti Dancow bisa menjadi rekomendasi agar proses tumbuh kembang anak ini berjalan maksimal.

Periode bayi hingga menjadi balita adalah masa bagaimana orang tua mencurahkan segala bentuk perhatian dan kasih sayangnya dengan benar. salah satu wujud kasih sayang ini adalah mendampingi sang anak ketika berada pada fase-fase belajar berbicara. Hadirkan kata-kata yang baik, imajinatif dan pas untuk perkembangannya. Hindari kata-kata yang kotor. Inilah kiranya cara mengajari anak bicara. Selain bisa memproduksi kata tetapi anak pun sedikitnya sudah dikenalkan tentang nilai dan norma. Oleh karena itu, orang tua yang baik dan bijak ialah ia yang paham dan tahu cara mengajari anak bicara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here