Samakah Multi Printer Dengan Scanner?

0
248
Multi Printer
Multi Printer

Semua orang pasti ingin mengabadikan semua kenangan mereka entah itu foto atau surat ke bentuk digital. Selain itu, sebagian orang juga berkepentingan untuk mengubah dokumen ke bentuk digital. Saat kecanggihan teknologi semakin tinggi, hal-hal tersebut dapat mudah dilakukan.

Teknologi yang dapat melakukannya adalah scanner, tapi tunggu dulu sekarang pun sudah ada Multi Printer atau printer multi fungsi. Printer jenis ini pun juga dapat menscan gambar maupun dokumen. Lalu apakah sama konsep dari kedua alat ini. Scanner dan Multi Printer memang mempunyai sedikit persamaan kinerja, persamaannya pada fungsi scan saja.

Multi PrinterUntuk lebih jelas, kita harus mengerti konsep dari Multi Printer. Multi Printer mempunyai tujuan untuk fotocopy. Printer jenis ini merupakan perpaduan antara printer dengan scanner, jadi saat ada gambar atau dokumen yang di scan, tentu dapat langsung dicetak. Selain itu, printer ini juga dapat dioperasikan tanpa bantuan computer, disebut Stand Alone Product.

Kebanyakan alat jenis ini digunakan di perkantoran, karena alat ini lebih praktis dalam pekerjaan dan mempunyai kegunaan yang cukup banyak, seperti fax, print,copy,  scan dan lainnya. Alat jenis ini tentunya dapat menghemat pengeluaran kantor. Istilahnya dapat mesin fotocopy mini. Antara Multi Printer dan Scanner jelas berbeda, scanner mempunyai tujuan konsep untuk mendigitalkan (pengarsipan digital), sedangkan Multi Printer berguna untuk memperbanyak, istilahnya fotocopy.

Kantor atau perusahaan memang harus selalu jeli dalam pembelian alat kantor, selain spesifikasi yang diperlukan, tetapi juga biaya yang dikeluarkan harus dapat diminimalkan. Sebenarnya tergantung pada kebutuhan kantor bagaimana. Apakah membeli Scanner atau Multi Printer, jika sebuah kantor mempunyai intensitas penggandaan dokumen cetak, tentu dianjurkan untuk membeli Multi Printer. Selain itu, printer jenis ini dapat membantu pekerjaan kantor lainnya seperti faksimile.

Sedangkan jikasebuah kantor mempunyai intensitas penggandaan cetak yang minim dan lebih banyak penggandaan digital, tentu disarankan membeli Scanner. Konsep kedua alat ini jelas berbeda, jadi dalam pemanfaatannya tergantung jenis kegiatan yang dilakukan. Perusahaan teknologi Brother mempunyai Multi Printer yang beragam, kalian bisa memilih dan membelinya disana.