Resep Masakan Indonesia Pepes Udang

0
250
Resep Masakan Indonesia
Resep Masakan Indonesia

Satu lagi resep masakan Indonesia yang kaya rasa sekaligus menyehatkan yang patut Anda coba. Bahan yang dipilih dari jenis seafood yang sudah terjamin sehat. Kandungan protein dan mineral yang tinggi membuat tubuh Anda lebih sehat. Cara pengolahan yang tanpa bakar dan goreng juga membuat olahan ini lebih sehat bergizi. Ditambah adanya daun kemangi yang memiliki sensasi rasa menyegarkan sekaligus memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan membuat masakan ini dapat direkomendasikan bagi menu keluarga Anda.

Resep masakan Indonesia ini diberi nama pepes udang daun kemangi. Memasak pepes tergolong mudah karena hanya dengan membungkus masakan dalam daun pisang dan dikukus. Hanya saja untuk membungkusnya memerlukan kesabaran dan waktu yang cukup lama sedangkan durasi memakannya cukup cepat karena rasanya yang lezat. Membungkus masakan dengan daun pisang memperkuat aroma masakan.

Bahan-bahan untuk membuat pepes udang daun kemangi antara lain, udang yang sudah dibuang kepala dan kulitnya, kemangi, tomat yang sudah diiris jadi 4 bagian, lengkuas yang diiris tipis, daun salam secukupnya, daun pisang secukupnya. Sedangkan bumbu halusnya diantaranya bawang putih, bawang merah, cabe merah, kemiri, kunyit, jahe, ketumbar, dan jangan lupakan garam dan gula pasir. Cara membuatnya cukup mudah.

Pertama, haluskan bumbu yang harus dihaluskan kemudian beri bumbu pelengkap kemudian aduk rata. Setelah itu masukkan udang dan tomat yang sudah diiris kemudian aduk rata. Kemudian siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan kemudian beri isian daun salam. Setelah itu beri irisan lengkuas dan beri campuran udang dan bumbu halus. Kemudian tutup dengan kemangi. Kemudian bungkus hingga rapi. Lakukan sampai adonannya habis. Setelah itu kukus selama 40 menit. Setelah matang angkat dan sajikan.

Pepes udang daun kemangi siap disantap dengan nasi hangat. Resep masakan Indonesia ini tergolong cukup lama dalam proses pembuatannya. Namun kelezatan masakan ini membuat Anda mampu membayar segala jerih payah Anda dalam membuat masakan ini. Agar masakan pepes udang ini semakin istimewa, tambahkan sedikit keajaiban kecil pada rasanya dengan tambahan kaldu ayam dari PT.Nestle Indofood Citarasa Indonesia.